Karawang (ANTARA News) - Pengerjaan penambalan jalan raya Johar-Cikalong, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang disiapkan menjadi jalur mudik khusus sepeda motor hingga kini belum sempurna dan masih banyak yang rusak.

Walaupun di beberapa titik sepanjang jalan raya dari Johar sampai Cikalong tersebut terdapat penambalan jalan, tetapi masih ada jalan yang berlubang dan bergelombang. Bahkan, ada sejumlah ruas jalan itu yang kondisi lubangnya cukup panjang.

Diantara titik jalan raya tersebut yang kondisinya masih berlubang dan bergelombang itu ialah sejumlah titik jalan raya sekitar Kecamatan Majalaya, Tegalasari, Lemah Abang, Banyusari, Cilamaya Wetan, dan Cilamaya Kulon.

Pantauan ANTARA di sepanjang jalan raya Johar-Cikalong pada Jumat siang hingga sore, tidak ada satupun pengerjaan penambalan jalan raya itu. Begitu juga alat-alat berat yang mendukung perbaikan jalan, tidak terlihat sepanjang Jumat siang hingga sore.

Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, sebelumnya mengatakan, saat ini Pemkab Karawang belum memperbaiki jalan raya Johar-Cikalong, karena terjadi keterlambatan tender perbaikan jalan. Selain itu, anggaran perbaikannya juga tidak dialokasikan secara menyeluruh.

Pada APBD Karawang murni 2011 tidak cukup anggaran untuk memperbaiki jalan raya yang panjangnya mencapai sekitar 45 kilometer, karena tidak dialokasikan secara total.

Anggaran untuk perbaikan jalan itu baru akan dialokasikan pada anggaran perubahan 2011. Tetapi jika menunggu anggaran perubahan, waktunya tidak akan cukup.

Karena itu, kata wabup, Pemkab Karawang tetap akan melakukan perbaikan jalan itu dengan menggandeng pihak perusahaan agar ikut membantu memperbaiki jalan raya yang akan menjadi jalur mudik khusus sepeda motor tersebut.

Unit Satuan Lalu Lintas Polres Karawang, sebelumnya berharap pemerintah daerah setempat mempercepat penyelesaian jalan raya yang akan menjadi jalur khusus sepeda motor itu.

"Jika dipresentasikan, perbaikan jalur mudik khusus sepeda motor itu baru mencapai 30 persen, sedangkan sebentar lagi akan digelar operasi ketupat 2011" kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Fillol Praja Arthadira. (MAK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011