Bekasi (ANTARA News) - Satlantas Polresta Bekasi sudah menyiapkan tiga jalur mudik menyambut Lebaran tahun ini yang tinggal beberapa hari lagi.

Persiapan pun sudah dilakukan sejak dini, kata laporan yang dipublikasikan di laman Traffic Management Center Polda Metro Jaya baru-baru ini.

Tiga jalur mudik yang dipersiapkan Polresta Bekasi meliputi, jalur tol Bekasi-Cikampek, kemudian jalur Kalimalang-Jalan Nur Alie-Hasibuan, dan Chairil Anwar, serta jalur alternatif Jalan Siliwangi, Sultan Agung (Harapan Indah), Ir Juanda, dan Bulak Kapal.

"Dua jalur utama adalah Tol Cikampek dan Kalimalang. Adapun jalur alternatif yang kami siapkan adalah jalan Siliwangi, Sultan Agung (Harapan Indah)," ungkap Kasat Lantas Bekasi Kota Kompol Twedy AB melalui Kanit Dikyasa AKP Erna Ra, Kamis (19/8/2011).

Diutarakan AKP Erna, persiapan pun sudah dilakukannya sejak jauh-jauh hari. Dimulai dari sosialisasi yang gencar hingga pembuatan Pospam ( Pos Pengamanan).

"Untuk Polres Bekasi Kota mendirikan 13 Pospam. Namun, khusus Sat Lantas, kami mendirikan satu Pospam di Jl Hasibuan, Kalimalang," kata AKP Erna.

Sosialiasi jalur mudik juga sudah secara intensif disuarakan melalui teguran dini, pemasangan spanduk, radio, surat edaran, dan pembagian peta mudik.

Selain sosialisasi, Sat Lantas Bekasi Kota juga sudah melakukan koordinasi dengan para stakeholders demi mempersiapkan jalur mudik dengan matang.

Kerjasama dengan Dinas perhubungan soal pemasangan rambu-rambu lalu lintas sudah mulai dilakukan. Mengenai kesehatan, Sat Lantas Bekasi Kota menggandeng Pemda.

Saat mudik lebaran dimulai nanti, Sat Lantas Bekasi kota akan menurunkan tiga regu dengan piket 1 x 12 jam. Satu regu terdiri dari dua perwira dan delapan anggota.

Penindakan bagi pengendara atau pemudik yang tidak menaati peraturan lalu lintas tetap akan ditegakkan.

(S026/B010)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011