PKPU Padang targetkan himpun zakat Rp3,1 miliar

Senin, 23 Juli 2012 11:05 WIB | Dilihat 2056 Kali

Padang (ANTARA News)- Lembaga amil zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Padang menargetkan menghimpun dana zakat infak dan sedekah dari masyarakat sebesar Rp3,1 miliar pada Ramadhan 1433 Hijriah.

"Target tersebut ditetapkan mengingat potensi zakat yang ada di Sumatera Barat cukup besar mencapai Rp90 miliar per tahun dan selama ini belum optimal dihimpun," kata Anggota Bidang Penghimpunan PKPU Padang, Gufron di Padang, Senin.

Ia mengatakan, untuk merealisasikannya PKPU menyiapkan semua fasilitas guna menghimpun zakat dari masyarakat berupa penjemputan zakat, transfer zakat melalui rekening bank, konsultasi zakat dan lainnya.

"Saat ini PKPU Padang memiliki tiga kantor cabang untuk melayani masyarakat yang hendak menunaikan zakat serta tiga cabang di daerah yaitu Solok, Pariaman dan Dharmasraya," lanjut dia.

Dikatakannya pada ramadhan 1433 Hijriyah PKPU mengkampenyakan ajakan untuk menunaikan zakat lebih awal.

Dengan slogan `Jangan Ditahan Selama Ramadhan` diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat, kata dia

Membayar zakat lebih awal akan memberikan banyak manfaat sehingga pelaksanaan ibadah Ramadhan lebih optimal karena kewajiban telah ditunaikan," lanjutnya.

Menurutnya, selama ini budaya yang berkembang dimasyarakat membayar zakat biasanya dilakukan pada minggu terakhir Ramadhan.

Padahal, pada minggu terakhir Ramadhan sesuai tuntunan Islam sebaiknya kita lebih mengoptimalkan ibadah dan tidak terlalu disibukan dengan persiapan menyambut lebaran.

"Menunaikan zakat lebih awal maka penyalurannya dapat lebih cepat dilakukan serta penerimanya dapat menggunakan lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran.

Pada Ramadhan 1433 Hijriah, PKPU Padang menggulirkan enam program guna mengoptimalkan penyaluran zakat .

Enam program tersebut yaitu yaitu penyaluran zakat, infak dan sedekah, Belanja Bareng Yatim, Sebar Quran Nusantara, Paket Ifthar (buka puasa), Paket Ramadhan dan Paket Penyaluran Fidyah.

(ANT)