Ponpes Al-Hikmah kirim 121 santri ke masjid

Selasa, 24 Juli 2012 08:17 WIB | Dilihat 2669 Kali
Yogyakarta (ANTARA News) - Pondok Pesantren Al-Hikmah Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, selama Ramadhan tahun ini mengirimkan 121 orang santri ke sejumlah masjid di wilayah provinsi ini dan Jawa Tengah.

"Pengiriman santri pondok pesantren (Ponpes) Al-Hikmah Karangmojo, Gunung Kidul tersebut merupakan program tahunan yang dikemas dalam program `Santri Hijrah 1433 H`, " kata Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikmah Karangmojo, Gunung Kidul KH Harun Al Rosyid, Selasa.

Menurut dia, dalam Program Santri Hijrah 1433 H tersebut dikirim 121 santri meliputi 59 santri putra dan 62 santri putri ke 50 masjid yang tersebar di wilayah Provinsi DIY dan Jateng. Para santri itu bertugas untuk melakukan syiar Islam melalui kegiatan masjid di wilayah-wilayah yang telah ditunjuk tersebut.

"Setiap tahun permintaan pengiriman santri ke sejumlah masjid jumlahnya terus meningkat. Pada awalnya pengiriman santri hanya di masjid di sekitar pondok pesantren namun berkembang ke berbagai wilayah di DIY dan saat ini hingga Jawa Tengah,"katanya.

Ia mengatakan pengiriman santri untuk membantu kegiatan syiar di masjid-masjid selama Ramadhan tahun ini menjadi sangat strategis karena di tengah masyarakat yang makin berkembang tindak kemungkaran perlu pencerahan dari para santri tersebut.

"Untuk itu perlu disiapkan dai-dai yang berkualitas agar kemungkaran bisa dihambat dan yang makruf bisa dipacu perkembangannya, sehingga diharapkan kondisi masyarakat saat ini akan semakin baik,"katanya.

Kepada para santrinya, Harun Al Rosyid meminta mereka agar menjaga interaksi dengan masyarakat saat berdakwah di masjid yang sudah ditetapkan .

"Selain itu, para santri selama bertugas sebagai santri hijrah diharuskan mentaati peraturan yang telah ditetapkan ponpes, di antaranya dilarang membawa handphone, merokok maupun meminjam sepeda motor milik pengelola masjid atau warga setempat,"katanya.

Ponpes Al-Hikmah Karangmojo, Gunung Kidul, DIY, saat ini mendidik 750 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain belajar agama, mereka juga belajar di sekolah formal dari tingkat SMP,MTS,MA dan SMK.

"Mereka yang menjadi santri di ponpes Al-Hikmah dibebaskan dari biaya mondok maupun SPP atau gratis,"kata Harun Al Rosyid.

(ANT)