Wali Kota Banjarmasin minta remaja masjid dihidupkan kembali

Selasa, 24 Juli 2012 21:40 WIB | Dilihat 3180 Kali
masjid agung sunda kelapa (istimewa)

Balikpapan (ANTARA News)- Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta para pengurus masjid menghidupkan kembali remaja masjid dan memberikan peran yang lebih besar kepada jamaah kelompok usia tersebut.

"Jangan sampai kita kehilangan jamaah usia remaja, atau dulu kita sebut remaja masjid itu," kata Wali Kota Rizal di Masjid Mujtahidin di Sepinggan, Balikpapan Selatan, Selasa (24/7).

Wali Kota datang menjelang waktu berbuka puasa bersama rombongan pejabat Pemkot Balikpapan dalam rangka Safari Ramadhan 1433 Hijriyah.

"Beri anak-anak remaja kita kepercayaan. Biarkan mereka membuktikan diri dan berperan. Mulai dari azan, hingga hal-hal teknis seperti mengatur saf, memasang pengeras suara, sampai bersih-bersih tempat wudhu, itu serahkan saja kepada remaja masjid sambil mereka belajar agama di masjid," papar Wali Kota di depan 300 jamaah salat Magrib, Isya, dan tarawih tersebut.

Para pengurus yang senior, para orangtua mereka, cukup di belakang memberi dukungan, memberi saran, memberi arahan.

Dengan kekuatan fisik dan semangatnya, remaja masjid dapat membuat syiar Islam lebih semarak. "Biarkan mereka berkegiatan di masjid," kata Wali Kota Rizal Effendi.

Seperti banyak kegiatan positif lainnya, remaja masjid juga bisa melindungi remaja dari berbagai pergaulan yang salah seperti pergaulan bebas dan menjadi konsumen narkoba.

Selain hal remaja masjid, Wali Kota Rizal Effendi juga mengingatkan jamaah akan fungsi-fungsi masjid, bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT, tetapi juga tempat bersilaturahmi dan bersosialisasi.

Menurut Wali Kota, masjid bisa jadi tempat rapat untuk merencanakan gotong royong, tempat untuk menyampaikan berbagai informasi pembangunan demi kemashlahatan atau kebaikan orang banyak.

"Untuk memberi contoh dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik," kata Wali Kota.

Dalam kesempatan itu Wali Kota juga mengingatkan warga untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya. Ia menyebutkan keharusan memasukkan bibit tanaman sebagai mas kawin dalam setiap pernikahan di Balikpapan.

"Pohon untuk menguatkan tanah, membersihkan udara dari polusi, tanamlah sebanyak-banyaknya," pesan Wali Kota. Bersamaan dengan itu juga disampaikan pesan agar warga menjaga lingkungan, diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Ada baiknya juga setiap keluarga punya cangkul, untuk gotong royong membersihkan selokan, memelihara tanaman, dan berbagai keperluan," demikian Wali Kota Rizal Effendi.

(KR-NVA/N001)