Pelni Pangkalpinang tambah rute baru saat Lebaran

Jumat, 27 Juli 2012 09:05 WIB | Dilihat 2932 Kali
Pangkalpinang (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjamin tak akan menaikkan tarif angkutan kapal saat arus mudik dan balik berlangsung.

"Tidak akan ada kenaikan tarif angkutan kapal selama arus mudik dan arus balik karena seperti biasa, Pemerintah Pusat telah memberi subsidi sehingga Pelni tak akan menaikkan tarif," kata Kepala Cabang PT Pelni Pangkalpinang, Kamaruzaman, di Pangkalpinang, Jumat.

Kamaruzaman menjelaskan tarif kapal Pelni jurusan Belinyu-Jakarta dipatok seharga Rp180 ribu untuk kelas ekonomi, sementara tarif untuk jurusan Belinyu-Semarang dipatok seharga Rp270 ribu untuk kelas ekonomi.

"Dan ada lagi rute baru yang hanya ada saat lebaran, yakni Tanjung Pandan (Belitung) menuju Semarang dengan tarif seharga Rp210 ribu," kata Kamaruzaman.

Penumpang, baik dari pelabuhan-pelabuhan di Bangka maupun di Belitung akan diangkut dengan dua kapal Pelni yaitu KM Bukit Raya dan KM Sirimau.

"Masing-masing kapal tersebut mampu mengangkut hingga 1.500 penumpang, dan kami yakin semua penumpang akan terangkut karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, angkutan Pelni dari dan ke Bangka atau Belitung selalu lancar," kata dia.

Meski demikian, Kamaruzaman mengingatkan agar calon penumpang membeli tiket kapal dari loket Pelni langsung dan tidak melalui calo agar mendapatkan harga yang diinginkan.

"Kalau lewat calo, kami tidak dapat menjamin harga akan tetap sama, karena pasti calo akan mengambil untung, jadi kalau mau harga miring, ya harus datang ke loket-loket Pelni baik yang ada di Kota Pangkalpinang maupun yang ada di pelabuhan," kata dia.

Berikut beberapa jadwal keberangkatan kapal Pelni: KM Bukit Raya dari Pelabuhan Belinyu menuju Tanjung Priok berangkat tanggal 7/8, 21/8, 4/9, dan 18/9 jam 15.00.

Sementara itu, KM Bukit Raya dari Pelabuhan Belinyu menuju Kijang-Letung-Terempas-Natuna berangkat tanggal 10/8, 24/8, 7/9, dan 21/9 jam 15.00.

Pembelian tiket, Kamaruzaman menyatakan, dapat diperoleh di loket-loket di pelabuhan atau kantor Pelni, atau juga bisa diperoleh secara "on line" di agen-agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Artinya, penumpang yang akan berangkat dari Belitung, misalnya, bisa memesan lewat agen di Jakarta ataupun Semarang, dan mulai H-30 tiket sudah bisa dipesan," kata dia.

Kamaruzaman mengimbau agar masyarakat bisa sedini mungkin memesan tiket demi kenyamanan dan kelancaran mudik calon penumpang.
(I027/E001)