16 titik rawan kecelakaan di Lampung

Senin, 30 Juli 2012 17:42 WIB | Dilihat 2120 Kali
Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyebutkan di wilayah hukumnya terdapat 16 titik rawan kecelakaan yang berada di empat kabupaten yang nantinya akan dilintasi arus mudik.

Polisi akan menitikberatkan pada jalur mudik ruas Bakauheni-Bandar Lampung yang selalu padat arus mudik. Di ruas itu titik rawan kecelakaan lalu lintas berada di Km 16--17, Km 24--25, Km 52--53, dan Km 81--82. Demikian disampaikan Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, di Bandarlampung, Senin.

"Nantinya akan dibangun pos pelayanan di setiap titik rawan itu. Pemudik harus berhati-hati karena setiap tahun tingkat kecelakaan di daerah itu cukup tinggi," katanya.

Berdasarkan data Ditjen Bina Marga Kementrian PU, jalur mudik di Provinsi Lampung memiliki panjang 930,85 kilometer. Jalur itu membentang dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan dan berujung di perbatasan Sumatera Selatan serta Bengkulu.

Ada tiga jalur di wilayah ini, yaitu melalui jalur lintas pantai barat yaitu melalui ruas jalan Bakauheni - Bandarlampung - Pringsewu - Kotaagung - Provinsi Bengkulu. Kemudian jalur lintas tengah yaitu melalui ruas jalan Bakauheni - Bandarlampung - Gunungsugih - Kotabumi - Blambanganumpu - Provinsi Sumatra Selatan. Lalu jalur lintas timur melalui ruas jalan Bakauheni - Sukadana - Menggala - Provinsi Sumatra Selatan.

"Tidak hanya rawan kecelakaan, ada sejumlah titik rawan kriminalitas, seperti pemalakan dan pelemparan batu di Simpang Gayam, Lampung Selatan. Itu akan kami waspadai," katanya.

(ANT)