UMM berbagi delapan ton kurma gratis

Kamis, 02 Agustus 2012 10:45 WIB | Dilihat 2022 Kali
Makanan pilihan ummat Muslim pada bulan Ramadan untuk berbuka puasa. (ANTARA/Agus Bebeng)
Malang (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membagikan kurma gratis sebanyak delapan ton untuk warga sekitar kampus, sekolah, panti asuhan, anak jalanan serta ratusan lembaga yang ada di wilayah malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang).

Kepala Markaz Dakwah Fakultas Agama Islam (FAI) UMM Budi Gunawan, Kamis, mengatakan, kurma yang dibagikan pada tahun ini jauh lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 150 kardus atau setara tiga ton.

"Kurma yang kami distribusikan ke berbagai lembaga dan masyarakat sekitar kampus ini merupakan sumbangan dari Kedutaan Besar Arab Saudi yang diberikan secara rutin pada setiap Ramadan, hanya saja jumlahnya tahun ini mencapai delapan ton," katanya.

Menurut dia, kurma sebanyak delapan ton itu didatangkan langsung dari Arab Saudi oleh kedutaan besar negara tersebut. Dan, panitia tinggal memilah sebelum didistribusikan pada berbagai lembaga dan komunitas serta masyarakat sekitar kampus.

Karena jumlah kurma tahun ini sangat banyak, katanya, maka lembaga atau instansi yang mendapatkan jatah juga semakin banyak, bahkan jika di wilayah Malang Raya sudah terpenuhi, maka akan didistribusikan ke luar Malang.

Sementara penanggung jawab pembagian kurma tersebut Abdul Haris mengatakan, kegiatan berbagi kurma selama Bulan Ramadhan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Semakin banyak sumbangan kurma dari Arab Saudi, maka semakin banyak pula komunitas yang mendapatkannya.

"Kami berharap tahun-tahun berikutnya sumbangan kurma dari Kedutaan Besar Arab Saudi juga bertambah, sehingga masyarakat yang kami sumbang juga semakin banyak dan hubungan antara kampus dengan warga juga tetap terjaga dengan baik," tandasnya.

Hanya saja, katanya, untuk menjaga hubungan baik dengan warga sekitar kampus, tidak hanya pada saat Bulan Ramadhan saja, tapi juga banyak even yang bisa melibatkan warga sekitar kampus maupun lembaga lain. (E009/E001)