PAN tingkatkan jumlah peserta mudik bareng

Jumat, 03 Agustus 2012 15:48 WIB | Dilihat 4616 Kali
Jakarta (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) akan meningkatkan daerah tujuan dan juga jumlah peserta mudik bareng partai tersebut karena animo masyarakat pada tahun lalu sangat besar.

"Melihat animo yang cukup besar pada pengalaman mudik tahun lalu, peserta kali ini akan jauh lebih banyak. Untuk itu Panitia menargetkan sedikitnya 5.000 orang pemudik," kata Ketua Panitia Mudik Gratis Bareng PAN Sunartoyo dalam keterangan tertulis PAN yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sunartoyo menambahkan bahwa program mudik bareng bukan kali pertama diadakan PAN. Sumatoyo tidak menyebutkan berapa jumlah pemudik gratis sebelummya. Namun yang jelas kuota pemudik dan rute mudik akan jauh lebih banyak.

"Jika sebelumnya hanya berorientasi daerah Jawa Tengah, kali ini kita membuka kesempatan lebih luas bagi," katanya.

Daerah-daeah tujuan mudik bareng saat ini seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Pekalongan, Surabaya, Madiun, Jember, Kudus, Jepara sampai Bali.

Sebanyak 200 buah bus kelas eksekutif AC siap dikerahkan untuk mengantarkan para pemudik. Sunatoyo berharap mudik tahun ini jauh lebih baik. "Keamanan dan kenyaman akan kami perhatikan demi kepuasan pemuidk selama dalam perjalanan," katanya.

Pemberangkatan akan dipusatkan di dua titik yakni Parkir Selatan Senayan dan Plaza Timur (Gelora Bung Karno) pada 15 Agustus 2012. Menurut rencana, keberangkatan akan dilepas oleh Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang juga Menko Perekonomian. Selain mendapat layanan kendaraan, disedikan juga beberapa cinderamata menarik dari PAN.

Kepada masyarakat yang ingin ikut mudik bareng diminta menyerahkan data diri dan mengisi formulir pendaftaran di dua posko mudik bareng PAN yakni Wisma Nusantara I, Gedung DPR RI, Jl. Jend. Gatot Soebroto dan di Jl. TB Simatupang 88, Jakarta Selatan.

Sunartoyo mengatakan merayakan lebaran bersama sanak famili di kampung halaman bisa memberikan kebahagian tersendiri tak terkecuali bagi masyarakat papa yang mengadu nasib di Ibu Kota Jakarta, "Namun untuk mewujudkan ini bagi mereka seringkali seperti mimpi. Hal ini pula yang mendasari PAN memberi layanan mudik gratis," katanya.

Sebelumnya partai ini juga menggelar Pasar Anak Negeri pada 27--29 Juli di Istora, Senayan, Jakarta, sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat ekonomi lemah.
(*)