Jalur mudik motor Karawang telah siap

Sabtu, 04 Agustus 2012 19:46 WIB | Dilihat 4678 Kali
Karawang (ANTARA News) - Kapolres Kabupaten Karawang AKBP Arman Achdiat memastikan jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sudah siap digunakan pada musim mudik Lebaran 2012.

Hal tersebut disampaikan kapolres usai memantau kesiapan infrastruktur jalan menjelang mudik lebaran bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Sabtu.

"Secara umum, jalur mudik khusus sepeda motor dari wilayah Tanjungpura sampai Cikalong hingga ke jalur Pantura sudah siap, hanya tinggal perbaikan beberapa titik dan perlu dilakukan penambahan rambu-rambu lalu lintas," kata Kapolres, di Karawang.

Dikatakannya, jalur mudik khusus sepeda motor sepanjang sekitar 45 kilometer dari Tanjungpura-Cikalong sudah bisa digunakan dan dalam kondisi baik.

Menurut dia, sejumlah titik jalan raya yang masih rusak, bergelombang ataupun berlubang akan segera diperbaiki oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat.

Ia berharap dan dalam setiap kesempatan hampir selalu disampaikan kepada jajaran Pemkab Karawang, agar perbaikan jalan di sepanjang jalur mudik lebaran 2012, khususnya di jalur khusus mudik sepeda motor, bisa diselesaikan sebelum H-10 lebaran.

Dalam melakukan pantauan jalur mudik khusus sepeda motor itu, beberapa kali kapolres yang didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Asikin, Kepala Dinas Cipta Karya Yusuf Abdulgani dan aparat terkait lainnya berhenti di beberapa titik pasar tumpah.

Hal itu dilakukan, karena pasar tumpah dipastikan masih menjadi penyebab kemacetan selama musim mudik lebaran 2012, termasuk diantaranya di jalur khusus sepeda motor.

Sementara itu, dalam melakukan pantauan, rombongan bergerak dari Mapolres Karawang menuju Tanjungpura, kemudian mengarah ke Johar-Lamaran-Telagasari-Lemahabang Wadas-Cikalong-Jatisari hingga tembus ke jalur Pantura wilayah Karawang.

Berdasarkan data Ditjen Bina Marga Kementerian PU, program pembangunan atau peningkatan jalan yang berasal dari APBN untuk wilayah Karawang hanya terdapat di dua ruas jalan, yaitu ruas jalan batas Kota Karawang-batas Kota Cikampek, dan ruas jalan Suroto Kunto di Kota Karawang.

(KR-MAK)