Pasar kaget alternatif tempat belanja kebutuhan Lebaran

Minggu, 05 Agustus 2012 11:09 WIB | Dilihat 3455 Kali
Ilustrasi--Seorang bocah ikut menemani orang tua berjualan beraneka jilbab di salah satu gerai pasar (FOTO ANTARA/Rahmad)
Bandung (ANTARA News) - Pasar kaget atau pasar kaki lima yang hanya digelar setiap hari Minggu di sejumlah titik di Kabupaten Bandung menjadi alternatif tempat berbelanja kebutuhan pokok untuk Lebaran 2012.

"Bila ke kota (Bandung) harus pake ongkos dan harus bawa uang banyak, kalo di pasar kaget lebih hemat, pakaian yang dijual juga bagus-bagus," kata Ny Aminah (40) warga di Kecamatan Majasetra Kabupaten Bandung saat berbelanja di Pasar Kaget Jalan Anyar Majalaya, Minggu.

Seperti warga lainnya yang berbelanja di Mall, Aminah juga membeli kebutuhan sandang seperti pakaian, celana, blus serta pakaian dalam di pasar kaget yang biasa digelar setiap hari.

Aminah mengaku tidak cukup uang untuk berbelanja di toko, sehingga memilih membeli pakaian di pasar kaget yang pada Bulan Ramadhan lebih ramai dibandingkan hari-hari biasanya.

"Di sini masih ada T-Shirt yang harganya Rp25.000 dengan kain yang bagus, bila sudah dipakai kan tak kelihatan dibelinya di manam," katanya.

Tak hanya Aminah, warga lainnya juga memanfaatkan pasar kaget untuk kegiatan belanja sandang untuk kebutuhan Lebaran 2012.

Peningkatan omset pedagang pakaian diakui oleh Ny Susi yang menyebutkan ada peningkatan penjualan pakaian dibandingkan minggu lalu.

"Sekitar dua kali lipat peningkatannya, namun diprediksi puncak belanja warga di pasar kaget ini mungkin Minggu depan, karena banyak pekerja yang terima THR," kata Susi, yang juga pedagang di Pasar Majalaya itu.

Selain pakaian, penjualan kerudung dan perlengkapan sholat juga mengalami peningkatan. Hal sama juga untuk buku-buku doa juga mengalami peningkatan penjualan.

"Masih dua kali Minggu lagi di pasar kaget ini, saya sudah siapkan stok lebih banyak," katanya.

Selain di Pasar Kaget Jalan Anyar Majalaya, aktivitas pedagang kaki lima yang menggelar dagang setiap Minggu juga di kawasan Tegaluar Bojongsoang, Tugu Baleendah, Jalan Baru Soreang serta di Rancamanyar.

Rata-rata pasar kaget itu mengalami peningkatan omset, dan bersiap menyongsong marema Minggu depan pasca pekerja menerima THR.

Sementara itu Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Jawa Barat H Ferry Sofyan Arief mengimbau masyarakat untuk bisa memberdayakan potensi yang ada di daerah masing-masing, termasuk dalam berbelanja.

"Potensi di daerah cukup besar dan perlu didukung pemasaranya oleh masyarakat sekitarnya. Bila kebutuhan tersedia di daerah, tidak perlu lagi berdesak-desakan berbelanja ke pusat kota. Manfaatkan saja kemudahan yang ada di daerah," kata Ferry.
(ANT)