Bengkel bagikan peta mudik gratis

Minggu, 05 Agustus 2012 13:19 WIB | Dilihat 5355 Kali
Ilustrasi. Peta Indonesia (FOTO ANTARA News/Ferly)

Bandarlampung (ANTARA News) - Beberapa perusahaan otomotif melalui bengkel masing-masing di daerah membagikan pedoman, tips, dan peta arus mudik Lebaran 1433 Hijriah gratis kepada para pemilik kendaraan yang melakukan perbaikan dan berencana mudik.

Sejumlah petugas bengkel kelas menengah ke atas yang dihubungi secara terpisah, Minggu, mengatakan, peta arus mudik yang diproduksi perusahaan otomotif itu telah dibagi-bagikan kepada masyarakat, terutama mereka yang akan melakukan perjalan mudik Lebaran ke kampung halaman ke Pulau Jawa.

"Kami juga menyiapkan dan membagi-bagikan peta arus mudik Lebaran tahun ini. Jumlahnya tidak ingat, tetapi sudah cukup banyak yang kami bagikan," kata salah seorang petugas bengkel resmi kendaraan roda dua, Syahri.

Dia mengaku akan mudik ke kampung halamannya di Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, setelah bengkelnya libur.

Persiapan untuk pulang mudik bersama keluarganya itu sudah dilakukan, dan tahun ini dirinya memilih menumpang kendaraan umum.

"Kami akan menumpang kendaraan umum, karena kalau membawa kendaraan sendiri, apalagi sepeda motor akan sangat melelahkan, belum lagi masalah keamanannya," katanya.

Pembagian brosur panduan dan peta arus mudik itu selain dilakukan oleh perusahaan sepeda motor, seperti halnya pada menjelang lebaran tahun-tahun sebelumnya juga dibagikan oleh perusahaan mobil dan telekomuikasi, seperti perusahana telpon seluler.

Brosur yang dibagikan itu, selain menunjukkan peta juga ruas-ruas jalan dan jalur alteratf jika terjadi kemacetan muai dari Selat Sunda hingga Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Selain itu juga dilengkapi hal-hal penting lainnya berupa iformasi tentang Asuransi, inforamsi tentang nama dan alamt bengkel, suku cadang, perusahaan telekomunikasi, doa-doa perjalanan jauh hingga tips untuk meningalkan rumah, di samping gambar-gambar yang terkait dengan perusahaan mereka.

Sejumlah pekerja baik di bengkel, pedagang dan peruahaan di Lampung juga mengaku telah bersiap-siap untuk pulang mudik ke kampung halaman mereka, terutama di Pulau Jawa begitu masa libur tiba.

Mereka ada yang mudik menumpang kendaraan umum (bus), namun banyak juga yang akan menggunakan sepeda motor.

Sebelumnya Dinas Perhubungan Provinsi Lampung menyampaikan informasi bahwa jumlah armada angkutan jalan raya menghadapi Lebaran di Provinsi Lampung 2012, untuk jenis pelayanan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sebanyak 533 bus, dengan total kapasitas 26.650 penumpang.

Kemudian bus Antarkota dalam Provinsi (AKDP) tercatat sebanyak 1.205 bus, dengan total kapasitas 30.125 penumpang, atau total antara bus AKAP dan AKDP sebanyak 1.738 bus dengan total kapasitas sebanyak 56.775 penumpang.

Selain itu, masih terdapat 478 bus lainnya dengan kapasitas 7.606 penumpang, antara lan bus pariwisata, bus bantuan, dan lainnya.

Khusus Bus Damri tersedia sebanyak 55 bus, terdiri atas 35 bus dengan 35 tempat duduk, 20 bus dengan 28 tempat duduk, dua bus bandara, 17 bus eks bus kota, dan beberapa bus bantuan.

(M023/N002)