Penjualan TV dan kulkas laris selama Ramadan

Kamis, 09 Agustus 2012 11:56 WIB | Dilihat 2937 Kali
Ilustrasi Toko elektronik. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Semarang (ANTARA News) - Televisi dan kulkas menjadi jenis produk elektronik yang paling laris dicari para konsumen di sejumlah toko elektronik di Kota Semarang, saat Ramadan 1433 Hijriah.

"Penjualan TV dan kulkas menyumbang 60 persen dari total seluruh penjualan barang elektronik," kata Asisten Branch Manager Electronik Solution Java Mal Semarang Koko Indra di Semarang, Kamis.

Penjualan lemari es, kata dia, mulai mengalami peningkatan sejak memasuki Ramadhan 1433 Hijriah yang mampu terjual hingga tiga unit dalam sehari, naik cukup signifikan dibandingkan dengan penjualan hari-hari biasa.

Penjualan televisi, kata dia, meningkat menjadi rata-rata enam unit per hari, sedangkan penjualan perangkat elektronik canggih, seperti "gadget" dan produk elektronik lainnya hanya dua unit per hari.

"Kalau dari total penjualan, produk televisi menyumbang sampai 40 persen, kemudian 20 persen dipegang oleh penjualan kulkas, sisanya bermacam-macam produk elektronik selain dua produk itu," katanya.

Ditanya merek yang paling banyak dicari, ia mengaku sebenarnya merek relatif bergantung selera setiap konsumen, tetapi dari produk yang dijual di tokonya Samsung menyumbang 40 persen dan LG 35 persen.

"Dengan adanya kenaikan permintaan produk elektronik saat Ramadan ini, kami telah menyiapkan stok tambahan sebanyak 50 persen. Kemungkinan permintaan produk elektronik bisa terus meningkat," kata Koko.

Senada dengan itu, Pemilik Atlanta Elektronik Semarang Santoso mengatakan, penjualan lemari es dalam beberapa minggu belakangan ini mengalami kenaikan signifikan dan bisa mencapai tiga unit per hari.

"Semakin mendekati Lebaran 1433 Hijriah, permintaan barang elektronik akan semakin mengalami peningkatan. Setidaknya, bisa terlihat mulai pekan ketiga bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran," katanya.

Untuk peningkatan permintaan produk elektronik itu, Santoso mengakui, sekitar 50 persen.

Pihaknya menawarkan berbagai promosi dan kemudahan, seperti bunga nol persen untuk pembelian secara kredit.

(KR-ZLS/M029)