Feri Batam-Dumai diberangkatkan lebih pagi

Minggu, 12 Agustus 2012 23:17 WIB | Dilihat 6027 Kali
Batam (ANTARA News) - Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam, Kepulauan Riau, mulai Senin memberangkatkan feri tujuan Dumai, Provinsi Riau, menjadi lebih pagi yaitu pukul 06.00 WIB daripada biasanya pukul 07.30 WIB.

"Bila cuaca memungkinkan, mulai besok (Senin) feri dari Pelabuhan Domestik Sekupang tujuan Dumai Riau akan diberangkatkan pukul 06.00 WIB," kata Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin Syafrizal di Batam, Minggu.

Ia mengatakan pada hari-hari biasa kapal pertama Batam-Dumai diberangkatkan sekitar pukul 07.30 WIB. Namun karena penumpang mudik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah mulai meningkat maka akan diberangkatkan lebih pagi.

"Penumpang mulai meningkat, jadi feri akan diberangkatkan lebih pagi agar semua penumpang terangkut," kata dia.

Walaupun jumlah penumpang tujuan Dumai mulai meningkat, kata dia, namun jurusan lain seperti Tembilahan Riau masih relatif sepi.

"Yang ramai baru tujuan Dumai, sementara tujuan lain terutama yang berjarak lebih dekat masih relatif sepi. Mereka diperkirakan baru akan mudik mulai tiga hari menjelang Lebaran nanti," kata Erwin.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pelra Batam, Masno, mengatakan pada dua kapal Rahmat Jaya untuk mengangkut penumpang ke Moro, Guntung, dan Tembilahan dengan kapasitas total 210 penumpang masih belum terisi optimal.

"Sampai hari ini masih dua kapal yang disiapkan untuk mengangkut semua penumpang. Kalau ada peningkatan signifikan, kami baru akan siapkan empat kapal dengan kapasitas sekitar 400 tempat duduk untuk mengangkut penumpang tujuan Tembilahan," kata Masno.

Ia mengatakan, harga tiket tujuan tersebut tidak mengalami peningkatan. Operator hanya mencabut potongan harga yang diberikan pada hari biasa.

"Tiket tujuan Tembilahan dijual dengan harga Rp350 ribu. Sementara hari-hari biasa Rp300 ribu karena ada potongan harga," kata dia.

Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam merupakan pelabuhan utama yang menghubungkan Kota Batam Kepulauan Riau menuju kabupaten lain dan beberapa wilayah di Provinsi Riau dan Jambi.

(KR-LNO/A013)