Pengiriman sepeda motor alami peningkatan jelang Lebaran

Selasa, 14 Agustus 2012 19:43 WIB | Dilihat 1049 Kali
Pengiriman Sepeda Motor Pekerja memindahkan paket sepeda motor sebelum diangkut melalui jasa pengiriman kereta api di stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (13/8). Pengiriman paket tersebut menjelang lebaran ke sejumlah wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah mengalami peningkatan. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Solo, 14/8 (ANTARA) - Jasa pengiriman sepeda motor melalui perusahaan ekspedisi mengalami peningkatan permintaan yang cukup signifikan menjelang Lebaran 2012.

"Pada musim mudik seperti saat ini jumlah kiriman berupa sepeda motor memang selalu mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa," kata Manajer PT Herona Express Kantor Perwakilan Solo Pratiwi Adhi Setyorini di Solo, Selasa.

Ia mengatakan, hingga saat ini terjadi peningkatan hingga 50 persen dibandingkan dengan hari biasa untuk jenis kiriman berupa sepeda motor.

"Biasanya kami hanya menerima paling banyak 10 unit kiriman berupa sepeda motor tetapi saat ini bisa mencapai 15 unit," ujarnya.

Menurut dia, kenaikan omzet tercatat mencapai Rp5,5 juta per hari atau meningkat sebanyak Rp2,75 juta dibandingkan dengan hari biasa.

"Pelanggan biasanya ingin sepeda motornya dapat dipakai di kampung halaman namun enggan menggunakan untuk perjalanan mudik," katanya.

Pratiwi mengakuim untuk kiriman dari wilayah Solo ke Jakarta belum mengalami puncak peningkatan.

"Untuk kiriman sepeda motor dari Solo ke Jakarta akan ramai pada saat arus balik," katanya.

Ia memprediksi akan terjadi kenaikan lebih dari 100 persen atau sebanyak 30 kiriman sepeda motor per hari pada H+5 Lebaran.

"Kami akan berkoordinasi dengan cabang di wilayah lain saat arus balik nanti agar semua kiriman dapat diantarkan sampai tujuan," ujarnya.

Kendati diperkirakan akan terjadi peningkatan pengiriman pada arus balik, Pratiwi mengaku tidak menambah jadwal pengiriman melalui armada kereta api.

"Jadwal pengiriman yang ada kami rasa masih bisa menampung lonjakan kiriman pada arus balik nanti," katanya.

Senada dengan itu, Penanggung Jawab Ekspedisi Benny Putra Wilayah Solo Sigit Hari mengatakan terjadinya peningkatan jumlah kiriman berupa sepeda motor, namun jumlah yang dicapai pada 2012 tidak sebanyak Lebaran 2011.

"Lebaran tahun lalu bertepatan dengan masa liburan sekolah sehingga masyarakat lebih banyak waktu untuk pulang ke kampung halaman, kalau saat ini malah berdekatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI sehingga mudiknya ditunda hingga tanggal 17 Agustus nanti," katanya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku siap melayani pelanggan pada arus balik mendatang dengan menambahkan armada jalur darat sebagai antisipasi jika kiriman sepeda motor tidak mampu terangkut seluruhnya menggunakan kereta api.

(KR-WSN/M029)