Mobil boks tabrak bus di tikungan tajam Cikukun

Rabu, 15 Agustus 2012 23:22 WIB | Dilihat 3769 Kali
Cilacap (ANTARA News) - Sebuah mobil boks pemudik dengan nomor polisi B-9307-GJ menabrak bus PO Gapuraning Rahayu Z-7821-TA jurusan Kawunganten-Jakarta di ruas jalan Cikukun, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu malam.

Akibat kecelakaan tersebut, empat orang harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majenang karena luka-luka, dua di antaranya mengalami luka serius.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan tersebut terjadi saat mobil boks yang dikemudikan Danang (31) warga Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melintas di tikungan tajam Cikukun.

Danang yang hendak mengantarkan istri dan anaknya mudik ke Gunungkidul diduga belum menguasai medan, sehingga kendaraan terlalu ke kanan dan akhirnya bertabrakan dengan bus Gapuraning Rahayu yang datang dari arah timur.

Danang terjepit setir dan dasbor mobil, sedangkan istri Danang, Susi (39) dan anaknya, Olivia (5) terpental dari mobil.

Benturan keras antara mobil boks dan bus juga mengakibatkan awak bus Gapuraning Rahayu, Teguh dan Yana mengalami luka-luka.

Seorang saksi, Tugimin (51) mengatakan tabrakan tersebut menimbulkan suara yang cukup keras.

"Semula saya kira suara ban pecah. Saya baru tahu kalau ada tabrakan setelah istri sopir mobil boks itu berteriak minta tolong," kata dia yang berprofesi sebagai pedagang rokok di sekitar lokasi kejadian.

Sementara itu, Teguh mengaku telah berupaya mengingatkan Yana (sopir bus, red.) untuk mengarahkan kendaran ke kiri ketika mengetahui ada sebuah mobil boks dari arah berlawanan yang terlalu ke kanan.

Oleh karena sudah tidak ada ruang di sisi kiri lantaran adanya pembatas jurang, kata dia, tabrakan pun tidak dapat dihindarkan.

"Saya sudah teriak agar bus ke kiri, namun mobil boks itu tetap tertabrak," katanya.

Tabrakan tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di jalur selatan Jateng ini sempat tersendat karena petugas Pos Pengamanan Lebaran di Cukangleleus, Wanareja, memberlakukan sistem buka tutup sehingga ratusan kendaraan harus bergantian melewati lokasi kejadian guna memberikan kesempatan mobil derek milik Polres Cilacap mengevakuasi kedua kendaraan yang bertabrakan itu. (SMT/M008)