Motor masuk dermaga empat dan lima Merak

Jumat, 17 Agustus 2012 13:53 WIB | Dilihat 3127 Kali
Pemudik sepeda motor (FOTO ANTARA/Dian Dwi Saputra)
Merak (ANTARA News) - Dermaga empat dan lima di Pelabuhan Merak, Banten, khusus untuk penyeberangan sepeda motor demi menghindari kepadatan kendaraan.

"Selama ini angkutan sepeda motor berada di dermaga satu dan dua," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Mario S Utomo di Merak, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan dermaga empat dan lima untuk penyeberangan khusus sepeda motor.

Sebab arus mudik pada H-3 atau Kamis (16/8) terjadi penumpukan sepeda motor di dermaga satu dan dua sehingga menimbulkan antrean panjang.

Dengan dioptimalkan dermaga empat dan lima itu, kata dia, diharapkan bisa mengatasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

"Puncak arus mudik tahun ini diprediksikan jumlah pemudik sepeda motor yang menyeberang di Merak mencapai 15.000 pada H-3," katanya.

Ia menjelaskan PT ASDP Merak saat ini mengoperasikan 30 kapal roro sehingga penyeberangan Merak-Bakauheni bisa mencapai 85 trip.

Selain itu juga kegiatan bongkar muat di dermaga dipercepat yang awalnya 60 menit kini menjadi 40 menit guna memperlancar penyeberangan.

"Saya kira dengan 30 kapal itu sudah optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan," katanya.

Berdasarkan pantauan ribuan kendaraan, baik sepeda motor, mobil, bus dan truk sembako masih mengantre menuju Pelabuhan Merak.

Saat ini petugas lalu lintas belum mampu mengatasi antrean kendaraan tersebut.

Antrean kendaraan memadati ruas jalan Cikuasa Atas sampai pintu gerbang Pelabuhan Merak.

Selain itu juga terjadi penumpukan kendaraan di areal parkir hingga dermaga Pelabuhan Merak.

"Diperkirakan pada H-2 itu jumlah kendaraan bisa mencapai 20 ribu dan penumpang di atas 115 ribu," katanya.