Jalur Pantura Subang-Karawang ramai lancar

Rabu, 22 Agustus 2012 22:48 WIB | Dilihat 5603 Kali
Dokumen foto polisi mengatur lalu lintas yang dipadati kendaraan pemudik di kawasan Simpang Jomin di Purwakarta, Jawa Barat. (ANTARA/Rosa Panggabean)
Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalur pantai utara (Pantura) Jawa di kawasan Kabupaten Subang-Karawang, Jawa Barat, dari arah Jawa Tengah dan sekitarnya menuju Jakarta melintasi gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, ramai lancar pada H+3 Lebaran, Rabu malam.

Arus balik Lebaran sudah terlihat ramai sejak di jalur Pantura Subang wilayah Ciasem hingga Karawang sejak Rabu petang hingga malam. Meski kendaraan yang melintas cukup ramai, tetapi arus lalu lintas menuju arah Jakarta lancar.

Lalu lintas tampak sedikit terhambat di beberapa lokasi yang menjadi garis penyeberangan jalan atau di perempatan jalan, seperti di wilayah Ciasem dan Sukamandi, Subang.

Titik lain yang sempat menghambat arus lalu lintas juga terjadi di beberapa titik putaran arah sepanjang jalur Pantura Subang-Karawang yang masih digunakan warga setempat.

Adanya kendaraan yang berputar arah membuat arus lalu lintas terhambat. Ketika arus terhambat itulah terjadi penumpukan kendaraan pada titik tersebut. Tetapi penumpukan kendaraan bisa langsung terurai setelah kendaraan selesai berputar arah.

Begitu juga arus lalu lintas di Simpang Jomin, arus balik lebaran dari arah jalur Pantura menuju Jakarta melewati gerbang Tol Cikampek ramai lancar.

Dari arah jalur Pantura menuju Jakarta, baik yang mengarah ke gerbang Tol Cikampek maupun mengarah ke jalan arteri Karawang, khusus pemudik balik lebaran bersepeda motor, arus lalu lintas ramai lancar.

Di Simpang Jomin, polisi menutup jalur dari arah gerbang Tol Cikampek yang menuju jalur Pantura sejak di Pertigaan Mutiara.

Polisi lalu lintas mengarahkan untuk melintasi jalan raya Ahmad Yani menuju Pasar Cikampek untuk sampai ke jalur Pantura dan melewati jembatan layang Jomin. Sehingga jalan By Pass Jomin hanya dilintasi kendaraan yang melintas dari arah jalur Pantura menuju gerbang Tol Cikampek.
(Uu.KR-MAK/Z002)