Bazar akan tetap dilaksanakan di jalan Kaum Dalem selama 20 hari,"
Bandung (ANTARA News) - Kota Bandung akan menggelar Bazar Ramadhan di kawasan Jalan Dalem Kaum Kota Bandung selama 20 hari mulai 17 Juli 2013.

"Bazar akan tetap dilaksanakan di jalan Kaum Dalem selama 20 hari, dan hal itu sesuai dengan perjanjian yang kami sepakati dari hasil rapat hari ini, bahwa selama Ramadhan bazar ini akan diurusi oleh Gapensa," kata Kadishub EM Ricky Gustiadi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bandung, Selasa.

Bazar Ramadhan yang dinilai akan menambah kesemrawutan kawasan tersebut nyaris tidak digelar, mengingat tiga tahun terakhir bazar Ramadhan tersebut sempat ditiadakan di kawasan tersebut.

"Yang menjadi permasalahan adalah akses jalan yang dinilai mengganggu masyarakat yakni trotoar yang terpakai oleh pedagang kaki lima," kata Ricky.

Namun Aceng selaku ketua Gabungan Pengusaha Kecil dan Jasa (Gapensa) menyatakan akan bersinergi dengan Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), dan panitia penyelenggara Bazar Ramadhan tersebut untuk menata dan menertibkan para pedagang yang akan berjualan di bazar ramadhan itu.

"Saya rasa apabila ada pasar Ramadhan tidak akan semerawut karena sudah diatur, dan kami juga akan lebih fokus pada penataan yang sesuai," kata laki-laki berkopiah itu.

Untuk mengatasi hal tersebut dalam rapat yang digelar Dinas Perhubungan, disepakati bahwa tenda yang akan digunakan dalam pasar Ramadhan di kawasan dalem kaum akan dipindahkan ke Jalan Otista sebagai salah satu antisipasi mengentaskan kemacetan.

"Untuk itu ada kompensasi dalam perjanjian, seperti retribusi parkir dan juru parkir yang harus kerja tiap hari, di Jalan Dalem Kaum sebelah timur dan Jalan Dewi Sartika," kata Kadishub.

Dinas Perhubungan juga menginstruksikan jalan di depan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk dikosongkan sebagai lahan parkir pengunjung dan tempat bongkar muat barang.

Bazar Ramadhan yang digelar dikawasan Dalem Kaum tersebut akan berlangsung selama 20 hari, mulai dari tanggal 17 Juli hingga H-1 Ramadhan tahun ini.

"Pokoknya batasnya 20 hari, H-1 sudah dibongkar. Malam takbiran kawasan tersebut sudah steril dan kami akan siapkan tim khusus untuk membereskannya," kata Kurnaedi selaku Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013