Ada beberapa titik yang belum siap akan difungsikan pada saat musim mudik Lebaran nanti
Jakarta (ANTARA News) - Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) mulai  Cirebon--Semarang siap untuk menghadapi musim mudik dan arus balik Lebaran

"Keseluruhan jalur Pantura Cirebon--Semarang sudah siap untuk dilalui kendaraan," Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, saat memantau kesiapan jalur Pantura Cirebon--Semarang, Selasa.

Ada beberapa titik yang belum siap, tambahnya, akan difungsikan pada saat musim
mudik Lebaran nanti.

Seperti pada titik Pejagan (Kabupaten Brebes), kemudian Kendal (Kabupaten Kendal) yang saat ini belum siap difungsikan sesuai jadwal H-14.

Akan tetapi kita (Kementerian PU, red) menganggap prasarana jalan sudah siap untuk dilalui saat arus mudik.

Ia mengakui saat ini kemacetan tidak bisa dihindari karena sedang ada pekerjaan rekonstruksi jalan di ruas Pejagan. Karena adanya pekerjaan pengecoran sementara sepanjang 380 meter.

Akan tetapi pekerjaan pengecoran sementara tersebut akan dibuka untuk akses mudik dan akan kembali dilanjutkan sepanjang 2 kilometer seperti rencana awal.

Kondisi ruas jalan di Pejagan ini rendah sehingga menyebabkan aspal jalan sering tergerus air, tambahnya.

“Solusinya semua akan dibeton, dinaikkan dan dibeton sepanjang 2 km. Namun karena Lebaran kami tidak mau mengganggu arus mudik dan arus balik sehingga pekerjaan pengecoran dilakukan hanya 380 meter,” jelas Djoko.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013