Jalintim Sumatera Bandar Lampung--Palembang siap untuk arus mudik

Kamis, 18 Juli 2013 05:26 WIB | Dilihat 3000 Kali
Ilustrasi - Pelebaran jalan. (FOTO ANTARA/ Feny Selly)
Jakarta (ANTARA News) - Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim) ruas Bandar Lampung--Palembang siap untuk dilalui pemudik.

"Masih ada beberapa titik yang dalam pengerjaan, namun H-10 Lebaran siap untuk dilalui pemudik," kata Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I, Subagio, saat tinjauan lapangan di Jalintim Bandar Lampung--Palembang, Rabu.

Seperti di titik jalan Bypass Bandar Lampung sepanjang 18,1 km sedang dilakukan pelebaran jalan sepanjang 10 km sebanyak 4 lajur jalan. Lebar badan jalan nantinya akan menjadi 2 x 7 meter.

Penanganan jalan Bypass Bandar Lampung tersebut menghabiskan anggaran Rp230 miliar dan ditargetkan selesai bulan Oktober tahun ini, jelasnya.

Secara umum, tambahnya, kondisi ruas Jalintim Bandar Lampung--Palembang 94 persen kondisinya mantap dan dapat ditempuh selama 10 jam perjalanan.

Sementara itu Kasatker Pembangunan Jalan Wilayah I Lampung, Adri Saputra menambahkan, ada beberapa titik Jalintim yang menghubungkan Lampung--Palembang masih kurang mantab seperti Kayuagung (Lampung), Indralaya (Palembang). Namun secara keseluruhan kondisi Jalintim lebih baik dibandingkan dengan jalan Lintas Tengah.

"Kami optimis perbaikan selesai H-10 Lebaran, namun apabila karena sesuatu hal belum dapat dirampungkan pengerjaan akan dihentikan sementara dan akan dipasang rambu-rambu agar tidak mengganggu lalu-lintas,” kata Adri.