Mukomuko (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menempatkan kembali lima posko kesehatan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah itu selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2013.

"Sama seperti Lebaran tahun sebelumnya kita menempatkan lima posko kesehatan," kata Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Junharto melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Dasar Hari Junaidi, di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, lokasi penempatan lima posko kesehatan itu kalau dahulu satu di simpang Kasidi Kecamatan Air Rami, Simpang Desa Pondok Baru Kecamatan Teramang Jaya, Simpang Satuan Pemukiman (SP) I Kecamatan Penarik, dekat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Air Punggur, dan simpang Lubuk Gedang.

Sedangkan, kata dia, penempatan posko kesehatan itu di mulai pada H-7 dan H+7 Idul Fitri 1434 Hijriah.

Ia mengatakan, setiap hari satu posko kesehatan ada tiga orang tenaga medis yang secara bergantian piket meliputi dokter penanggung jawab dan dua orang tenaga keperawatan.

Tiga orang Tenaga medis itu, kata dia, ditugaskan dari puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu atau puskesmas yang berada dekat dengan lokasi posko kesehatan.

Tidak hanya tenaga medis, kata dia, setiap posko kesehatan akan disediakan satu mobil ambulance.

Selain itu, kata dia, selama mudik dan balik lebaran puskesmas yang berada sepanjang Jalinsum di daerah itu wajib buka 24 jam untuk melayani warga dari dan luar daerah itu.

Ia menegaskan, puskesmas yang buka selama mudik dan balik lebaran itu harus maksimal terutama memberikan pertolongan pertama jika ada kejadian kecelakaan lalu klintas di daerah itu.

Terkait dengan posko posko dari instansi lain yang juga ditempatkan di daerah itu menurut dia, secara teknis bisa digabung tetapi instansi itu tetap menempatkan sendiri posko di Jalinsum.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013