Ramadhan, anggota paskibraka Palembang tetap latihan

Minggu, 21 Juli 2013 07:37 WIB | Dilihat 2302 Kali
Pengukuhan Paskibraka Anggota paskibraka asal Kepulau Riau, Devi Ayu Rahmawati mencium bendera merah putih saat upacara pengukuhan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2012 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/8).(ANTARA/Prasetyo Utomo)
Palembang (ANTARA News) - Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Pemerintah Kota Palembang tetap giat melakukan latihan selama bulan Ramadhan karena mereka akan disiapkan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka saat upacara HUT Proklamasi 17 Agustus 2013.

Anggota Paskibraka tersebut sekarang ini setiap hari giat melakukan latihan fisik antara lain teknik baris-berbaris, dengan harapan saat menjalankan tugas nanti betul-betul siap, kata panitia pelaksana Eduwar Palestino di Palembang, Minggu.

Dijelaskannya, anggota Paskibraka yang akan bertugas menaikkan bendera pusaka pada puncak upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2013 di Pemkot Palembang itu adalah pelajar SMU pilihan yang disaring sejak beberapa bulan lalu.

Perekrutan calon anggota Paskibraka diikuti utusan dari seluruh SMU se-Kota Palembang dan mencapai lebih dari 500 orang. Setelah disaring mengikuti rangkaian tes tertulis, kesehatan, psikotes dan wawancara dipilih yang terbaik sebanyak 36 orang.

Menurut dia, 36 orang pelajar itu sejak sebulan terakhir terus menjalani latihan fisik dan mental, cara melipat, membentuk formasi, menaikkan dan menurunkan bendera serta baris berbaris.

Anggota Paskibraka tersebut pada 3 Agustus nanti mulai masuk asrama hingga beberapa hari menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI.

Para anggota Paskibraka baik yang disiapkan untuk tingkat Kota Palembang maupun provinsi, selama menjalani lagihan fisik dan mental digembleng oleh para senior atau purna paskibraka dan anggota TNI dari Kodim setempat.

Pemkot Palembang melalui Dinas Pedidikan Pemuda dan Olahraga setiap tahun merektut anggota Paskibraka yang dipilih dari siswa-siswi SMU se Kota Palembang.