... dilakukan pada tujuh hari menjelang lebaran hingga sembilan hari pascalebaran... "
Kupang (ANTARA News) - PT Merpati Nusantara Airline (MNA) segera menambah 5.000 kursi melalui penerbangan tambahan mengantisipasi keperluan Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Penambahan seat itu akan dilakukan pada tujuh hari menjelang lebaran hingga sembilan hari pascalebaran," kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto, yang dihubungi dari Kupang, Selasa.

Ia mengatakan, keputusan penambahan kursi tersebut diambil selain dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para penumpang setia Merpati, juga untuk memenuhi permintaan jasa angkutan penerbangan komersial dari masyarakat yang akan mudik.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang setia Merpati dan masyarakat Indonesia yang akan berlebaran bersama keluarga di kampung halaman," kata Saptanto.

Ia mengatakan, penerbangan ekstra akan dilakukan pada hari tertentu atau hari yang jumlah penumpangnya melebihi kapasitas kursi yang sudah disiapkan, yang diprediksi akan membludak pada hari menjelang Lebaran.

Penerbangan tambahan akan dilakukan untuk rute penerbangan Makassar-Surabaya, Surabaya-Jakarta, Bandung-Jogja, Bandung-Semarang, serta Semarang-Sampit.

"Namun tidak tertutup kemungkinan penerbangan ekstra rute lainnya. Intinya, bila penumpangnya melebihi dari yang kami prediksikan, kami akan segera menambah penerbangan tambahan," katanya.

PT MNA juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan tiket baik melalui on-line maupun melalui agen perjalanan mitra Merpati di seluruh Indonesia.

Ia menambahkan, sejak 23 Juli pemesanan dan pembelian tiket Merpati untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung sudah bisa dilakukan melalui kantor pos atau perwakilan PT Pos Indonesia. Untuk Surabaya, Bali dan Ujung Pandang akan menyusul dalam waktu dekat.

"PT Pos Indonesia dan Merpati sudah melakukan kerjasama penjualan tiket pesawat juga kerjasama dalam bidang kargo dan logistik," kata dia.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013