Banda Aceh (ANTARA News) - Baitul Mal Aceh menyalurkan bantuan tunai Ramadhan 1434 Hijriah kepada 3.500 mustahik (fakir dan miskin) di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh dengan nilai Rp1,2 miliar.

"Bantuan tunai itu telah disalurkan kepada fakir dan miskin sepanjang Ramadhan 2013," kata Kepala Baitul Mal Aceh Armiadi Musa di Banda Aceh, Jumat.

Disebutkan, 3.500 mustahik itu tersebar di 200 gampong (desa) atau di kecamatan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Didampingi Kabid Sosialisasi dan Pengembangan Baitul Mal Aceh Sayed Muhammad Husein, dijelaskan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan tunai Ramadhan kepada para mustahik di pulau terpencil yakni Pulo Aceh.

Di Pulo Aceh, kata dia, bantuan tunai Ramadhan disalurkan kepada para mustahik di 17 gampong termasuk desa terluar di Kabupaten Aceh Besar itu.

Baitu Mal Aceh ikut menyertakan pegawai kantor kecamatan sebagai pendamping dalam penyaluran bantuan tunai Ramadhan kepada para mustahik di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

"Penyaluran bantuan kepada masyarakat itu juga dimaksudkan untuk syiar dalam bulan Ramadhan selain meringankan beban fakir dan miskin," katanya menambahkan.

Dipihak lain, Armiadi menjelaskan bahwa Baitul Mal Aceh juga berkomitmen membantu pemberdayaan mualaf dan dalam dua tahun terakhir (2012-2013) telah zakat untuk mualaf senilai Rp1,1 miliar di berbagai program dan kegiatan.

Armiadi juga menjelaskan, sejak Baitul Mal Aceh beroperasi (2004) setiap tahun zakat dianggarkan untuk senif mualaf dalam bentuk santunan dan modal usaha yang juga dilakukan Baitul Mal kabupaten dan kota di provinsi ini.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013