"Saya terus mendorong perusahaan-perusahaan yang mampu agar menyelenggarakan mudik bersama pekerja/buruh serta keluarganya. Mudik bersama bermanfaat mempererat hubungan pengushaa dan pekerja,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengimbau perusahaan-perusahaan yang mampu agar menyelenggarakan kegiatan mudik bersama bagi para pekerja dan keluarganya sampai ke kampung halamannya masing-masing.

"Acara mudik bersama yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan ini sangat membantu meringankan dan mempermudah pekerja/buruh serta keluarganya yang hendak mudik Lebaran tahun ini," kata Menakertrans dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat.

Muhaimin mengatakan kegiatan mudik bersama itu merupakan upaya perusahaan memberikan "kesejahteraan" bagi pekerja dan keluarganya dan salah satu upaya dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.

"Saya terus mendorong perusahaan-perusahaan yang mampu agar menyelenggarakan mudik bersama pekerja/buruh serta keluarganya. Mudik bersama bermanfaat mempererat hubungan pengushaa dan pekerja," kata Muhaimin.

Muhaimin juga yakin kegiatan tersebut akan meningkatkan produktivitas karyawan dan menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan Pemerintah disebutnya memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menggelar mudik bersama.

Untuk tahun 2013, Muhaimin berharap perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan acara mudik bersama secara massal jumlahnya meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Sejauh ini sudah ada sekitar tujuh perusahaan besar yang melaporkan diri akan menyelenggarakan mudik bersama bagi para pekerja dan keluarganya dengan jumlah peserta bisa mencapai puluhan ribu orang. Mudik bersama ini tentu sangat membantu para pekerja dan keluarganya," kata Muhaimin.

Tidak hanya mudik bersama, Muhaimin pun mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan bantuan kepada pekerja/buruh yang berwujud paket-paket lebaran melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang akan sangat menguntungkan dan membantu pada pekerja/buruh dalam merayakan hari Lebaran.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013