Jakarta (ANTARA News) - Mudik adalah tradisi unik yang seharusnya menjadi momen membahagiakan bagi keluarga-keluarga, dan ini beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara motor agar berkendara dengan aman supaya menikmati momen membahagiakan mudik.

Section Head Suzuki Riecky Patrayudha menyebutkan ada dua kunci utama tips aman selama mudik yakni memperhatikan komponen motor dan kondisi manusia pengendaranya.

"Kalau motor bisa di-support dengan perawatan sebelum berangkat, lakukan total check up apa yang harus diganti, apa yang harus diperbaiki dan sebagainya," kata Riecky di Jakarta, Jumat.

Riecky menyarankan motor tidak dikendarai lebih dari dua pengendara.

"Kalau memang terpaksa mudik lebih dari dua orang, sebaiknya motor dikirimkan melalui paket, toh pemerintah sudah membuka bantuan untuk jasa paket pengiriman motor," katanya.

Khusus untuk Suzuki, Riecky mengatakan motor di bawah 150cc telah diuji keandalannya untuk perjalanan mudik.

"Motor seperti kelas bebek sudah dites nonstop keliling Jawa dan Sumatera. Mereka siap untuk dipakai dalam perjalanan jauh sekalipun," katanya.

Meski demikian, Riecky mengingatkan akan ada 6,8 juta kendaraan di jalan pada mudik kali ini dengan total pemudik 18 juta, oleh sebab itu faktor kepadatan jalan juga harus dipertimbangkan.

"Di Pulau Jawa saja, menurut data Dishub akan ada lima juta kendaraan bermotor, jadi bisa dibayangkan betapa crowded-nya (padat) nanti," kata dia.

Riecky menegaskan kepada pemudik untuk memastikan kendaraan dalam keadaan sehat baik rem, mesin dan lain-lain.

"Selain itu juga pastikan kondisi badan selalu dalam keadaan sehat, istirahat di posko-posko yang sudah disediakan kalau merasa lelah," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013