Mataram (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Mataram akan menyalurkan bantuan kepada 5.000 fakir miskin di Kota Mataram.

"Bantuan ini akan kita salurkan Sabtu (27/7) secara simbolis pada beberapa kelurahan terdekat," kata Ketua Bazda Kota Mataram H Mahsar Malacca di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan bantuan kepada 5.000 fakir miskin ini merupakan salah satu program bantuan Bazda dalam Bulan Ramadhan 1434 Hijriyah.

Bantuan dimaksudkan, untuk berbagi kegembiraan kepada masyarakat miskin dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Fakir miskin mendapatkan bantuan sebesar Rp100 ribu per orang, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, dimana fakir miskin mendapatkan Rp50.000 per orang," katanya.

Ia mengatakan, agar bantuan tepat sasaran, 5.000 fakir miskin di seleksi oleh masing-masing kelurahan, sehingga pada 50 kelurahan di Kota Mataram mengirimkan 100 orang fakir miskin.

"Sebab pihak kelurahanlah yang mengetahui mana warganya yang benar-benar masuk katagori fakir miskin," katanya.

Menurut dia, bantuan sebesar Rp500 juta itu 99 persen bersumber dari Zakat Infak dan Sodaqoh (ZIS) para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam Bulan Ramadhan ini, katanya, berbagai bantuan yang akan disalurkan juga diantaranya, bantuan kepada 240 marbot masjid, bantuan kepada sekitar 850 petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Selain itu, bantuan kepada penjaga sekolah se Kota Mataram, santunan kepada tenaga guru TPQ, dan bantuan kepada panti asuhan keluarga dan anak yatim, dan kepada lembaga muallaf. 

(KR-SZH/R010)

Pewarta: Siti Zulaeha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013