Manado (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo H Sarundajang mengatakan, perbedaan dan keberagaman adalah sebuah keindahan.

"Perbedaan adalah sebuah kekuatan dan perbedaan itu indah," kata Gubernur, manakala menggelar safari Ramadhan bersama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara, di Manado, Sabtu.

Gubernur mengatakan, sebagai bagian dari negara yang pluralis, semua komponen bangsa seharusnya menyadari bahwa perbedaan dan keberagaman yang dimiliki merupakan anugerah dan rahmat dari Allah SWT bagi kehidupan bangsa kita, dan tidak dimiliki bangsa lain, sehingga harus dijadikan sebuah kekuatan.

"Kekuatan dari kemajemukan yang kita miliki dapat menerobos pada sendi-sendi kehidupan bangsa termasuk sendi-sendi perekonomian," katanya.

Gubernur memberikan motivasi bagi warga muslim agar menempatkan pendidikan formal maupun informal sebagai hal penting dan menjadi modal utama bagi generasi penerus membangun daerah.

"Pendidikan membuka cakrawala berpikir. Manfaatkanlah fasilitas-fasilitas pendidikan yang telah dibangun pemerintah dalam mengembangkan minat, bakat dan kemampuan generasi penerus bangsa," ajak gubernur.

Gubernur saat berbuka puasa bersama dengan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyerahkan bantuan sembako, mesin katinting dan kitab suci Al-Quran kepada pengurus mesjid, untukselanjutnya disalurkan kepada warga.

Tak hanya itu, pemerintah provinsi dan kabupaten akan menganggarkan bedah rumah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui dinas sosial.

(KR-KAP/M031)

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013