... didominasi pemohon SIM C... "
Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Jumlah pemohon Surat Izin Mengendara (SIM) di wilayah kerja Polres Kota Bekasi, Jawa Barat, meningkat menjelang mudik Lebaran kali ini, hingga 100 persen dari biasanya.  

"Pemohon SIM didominasi pemohon SIM C atau sepeda motor, " ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bekasi Komisaris Polisi Arssal Sahban, di Bekasi, Senin. Agaknya mudik sekeluarga memakai sepeda motor masih menjadi pilihan penting, karena berbiaya murah, mudah, dan relatif cepat.

Pada sisi lain, pemerintah mengimbau mudik Lebaran kali ini tidak dengan mengendarai sepeda motor karena data menyatakan, selama musim mudik Lebaran 2012, secara rata-rata 50 pemudik tewas perhari dalam kecelakaan lalu-lintas. Sebagian besar adalah pemudik bersepeda motor. 

Menurut Sahban, peningkatan jumlah pemohon secara signifikan terjadi sejak pekan lalu yang jumlahnya. "Pada Juni 2013, pemohon SIM A berjumlah lebih dari 2.800 pemohon, SIM C 4.320 pemohon," katanya.

Jumlah itu mengalami lonjakan bila dibandingkan pemohon yang sama pada Juli 2013. "Menjelang arus mudik ini, ada sekira 4.000 pemohon SIM A, dan 5.000 lebih SIM C dengan jumlah total lebih dari 9.000 pemohon," katanya.

Jumlah itu, terdiri dari jenis permohonan penggantian SIM hilang, pembuatan SIM baru, dan perpanjang.

Menurut dia, pembuatan SIM per Juli 2013 itu diperkirakan digunakan pemiliknya untuk keperluan perjalanan mudik Lebaran menuju kampung halaman.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013