...kita antisipasi longsor dengan menempatkan mobil derek dan alat berat
Garut (ANTARA News) - Kawasan Tutugan Leles di jalan raya Bandung-Garut, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, rawan bencana longsoran tanah tebing.

"Jalur yang perlu diwaspadai pemudik di wilayah Garut yaitu daerah Tutugan Leles, jalan itu rawan longsor," kata Kepala Bagian Operasi, Polres Garut, Kompol Rudie Tri Handoyo kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan jalan Tutugan Leles tersebut dalam proses pengikisan tanah tebing untuk memperlebar jalan sepanjang 1,8 kilometer.

Pelebaran jalan yang belum selesai itu, kata Rudie, menyisakan material tanah dan tanah tebing sisa pengikisan itu dinilai rawan longsor jika turun hujan.

"Andaikan hujan tebing bisa saja longsor, terus tanahnya bisa masuk ke badan aspal dan mengganggu lalu lintas," katanya.

Antisipasi kemacetan jika terjadi bencana longsor di daerah Tutugan Leles, kata Rudie, pihaknya menyiapkan sejumlah anggota polisi untuk melakukan pengamanan dan pengalihan jalur ke daerah Leuwigoong-Banyuresmi.

Selain itu, lanjut Rudie, dari dinas terkait akan menyiapkan alat berat dan mobil derek di kawasan tersebut untuk memudahkan proses penyingkiran tanah longsor.

"Mudah-mudahan nanti pas ramainya arus mudik atau balik tidak terjadi hujan, dan kita antisipasi longsor dengan menempatkan mobil derek dan alat berat," katanya.

Sementara untuk pengamanan Lebaran, Polres Garut menerjunkan 900 personel dibantu 100 persosnel dari TNI, 200 personel Dinas Perhubungan dan 100 personel Satpol PP.

Seluruh personel gabungan itu akan disebar di sejumlah titik rawan kemacetan serta keramaian masyarakat seperti di pusat kota dan objek wisata di Garut. "Personel kita siapkan penuh, pengamanannya setiap 200 meter di jalan raya ada anggota polisi," kata Rudie.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013