Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan kereta api mencapai 32 ribu orang sehari.

"Itu berlangsung selama angkutan arus mudik dan arus balik pada H-7 hingga H+10 yang diangkut menggunakan 68 rangkaian kereta api," kata Kepala Humas PT KAI Daop I, Sukendar Mulya, di Jakarta Rabu.

Sukendar mengatakan PT KA Daop 1 mengoperasikan 48 kereta api reguler dan 18 kereta api tambahan selama masa angkutan mudik dan balik Lebaran 1434 H.

Beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan EE Mangindaan juga meresmikan dua rangkaian kereta api tambahan lagi, yaitu KA Krakatau dan KA Tegal Ekspres.

KA Krakatau melayani penumpang jurusan Madiun-Merak sedangkan KA Tegal Ekspres melayani penumpang tujuan Tegal.

"Untuk angkutan Lebaran tahun ini kami menjual hingga 520 ribu tiket kereta api berbagai kelas. Saat ini masih tersisa 90 ribu tiket untuk setelah Lebaran, tetapi untuk tanggal-tanggal tertentu," tuturnya.

Sukendar mengatakan tiket kereta api untuk mudik pada H-7 hingga H-1 sudah terjual habis karena PT KA sudah melayani penjualan secara online sejak 90 hari sebelumnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013