Merak (ANTARA News) - Pelabuhan Merak mulai dipadati kendaraan yang akan menuju Pulau Sumatera untuk mudik Lebaran 2013 ke kampung halaman.

Dari pantauan, Rabu, kendaraan pribadi, bus, dan sepeda motor mulai ramai memadati Dermaga Pelabuhan Merak untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sebagian besar kendaraan bernomor polisi B dari DKI Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

"Pemudik yang memadati dermaga itu tiba di Pelabuhan Merak sejak sore dan kemungkinan berdatangan dini hari nanti," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Rabu.

Ia mengatakan, meskipun terjadi kepadatan kendaraan di sekitar areal parkir dan dermaga Pelabuhan Merak, tetapi arus mudik berjalan lancar.

Selama ini, perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal dan tidak ada hambatan karena cuaca di Perairan Selat Sunda membaik.

Dengan meningkatnya volume kendaraan maka petugas bekerja keras untuk mengatur kelancaran lalu lintas.

"Kami terus mengutamakan pelayanan agar pemudik lancar dan seluruh kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini jembatan Dermaga V Pelabuhan Merak sudah dioperasikan khusus untuk kendaraan sepeda motor.

Sedangkan, Dermaga I sampai IV digunakan untuk kendaraan pribadi, bus, dan truk.

"Kami berharap pengemudi mengantre dengan tertib agar tidak terjadi kemacetan," ujarnya.

Salah seorang pengemudi, Yunandi, mengaku bahwa dirinya dan anggota keluarga lebih awal mudik ke Palembang karena sudah memasuki liburan hari keagamaan.

"Kami lega setelah tiba di Pelabuhan Merak kurang lebih 1,5 jam bisa naik ke atas kapal untuk diseberangkan ke Pulau Sumatera," katanya. (MSR/B015)

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013