"Kalau semua itu terwujud, maka umat Islam Indonesia akan menjadi contoh bagi dunia. Saya kira itulah tugas ulama dalam harapan seorang umara. Sementara umara terus menerus memikirkan kesejahteraan warganya,"
Bondowoso (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui tugas ulama dan umara atau pemimpin pemerintahan tidak ringan, namun keduanya sama-sama mulia.

Pada kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Bondowoso, Jatim, Rabu petang, Presiden mengatakan bahwa tugas ulama adalah bagaimana membawa umat berperilaku baik, santun, menjalani ibadah dengan benar, rukun dan saling bertoleransi.

"Kalau semua itu terwujud, maka umat Islam Indonesia akan menjadi contoh bagi dunia. Saya kira itulah tugas ulama dalam harapan seorang umara. Sementara umara terus menerus memikirkan kesejahteraan warganya," katanya.

Pada safari yang didampingi sejumlah menteri itu, Presiden mengatakan diperlukan kebersamaan antara ulama dengan umara karena keduanya memiliki tugas yang sama. Kalau ulama mendidik umat menjadi lebih baik, maka umara juga demikian dalam konteks kenegaraan.

Menurut Kepala Negara, pemerintah saat ini terus menerus berikhtiar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat agar bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Sebetulnya, katanya, keinginan masyarakat Indonesia tidak muluk-muluk, melainkan bagaimana hidup secara tentram, bisa menyekolahkan anak-anak mereka dan situasi politik yang tenang dan tidak gaduh.

Presiden mengaku bersyukur setelah pada 15 tahun lalu negara Indonesia sempat dilanda krisis, namun saat ini perkembangan ke arah yang lebih baik sudah mulai terlihat di mana-mana.

Padahal, katanya, 15 tahun yang lalu itu, pakar dari luar negeri memprediksi bahwa negara kita ini akan bubar. Kini justru banyak negara di luar yang mengalami krisis parah dan Indonesia terus menerus membaik.

"Karena itu jadikanlah kegelapan di masa lalu itu sebagai pelajaran berharga kepada kita. Jangan sampai kegelapan di masa lalu datang kembali ke negeri kita," katanya berharap.

Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono berkunjung ke Bondowoso didampingi Gubernur Jatim Soekarwo dan sejumlah menteri. Rombongan Presiden disambut Bupati Amin Said Husni beserta seluruh musayawarah pimpinan daerah.
(M026/I007)

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013