Jalan Pontianak-Bandara Supadio akan dilebarkan

Rabu, 31 Juli 2013 20:45 WIB | Dilihat 3163 Kali
Ilustrasi-Pelebaran Jalan. (FOTO ANTARA/Syaiful Arif)
Pontianak (ANTARA News) - Jalan arteri yang menghubungkan Kota Pontianak dengan Bandar Udara Supadio akan dilebarkan pada tahun 2014 untuk menghindari terjadinya kemacetan.

"Supaya sama dengan ruas jalan sebelumnya, yakni Jalan A Yani yang masuk wilayah Kota Pontianak," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor saat dihubungi dari Pontianak, Rabu.

Ia melanjutkan, tingkat kepadatan di ruas jalan tersebut semakin tinggi setiap tahunnya. Selain akses utama menuju Bandara Supadio, juga ke sejumlah kawasan permukiman baru yang tersebar di sekitar jalan arteri tersebut.

Jakius Sinyor menambahkan, pelebaran itu juga bagian dari rencana pembangunan outer ring road (ORR) yang mengelilingi bagian luar Kota Pontianak. "Rencana 2015 mulai realisasi fisik. Mudah-mudahan sesuai target," kata Jakius Sinyor.

Program pengembangan kawasan Kota Pontianak - Kabupaten Kubu Raya - Kabupaten Pontianak itu termasuk dengan rencana pembangunan Jembatan Kapuas III.

"Jadi selain mengembangkan wilayah, juga untuk mengurangi kemacetan," kata dia menegaskan.

Rencana tersebut juga bagian dari tata ruang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalbar 2013 - 2018.

Sementara untuk struktur ruang sendiri sudah disetujui oleh Kementerian PU.

Jakius Sinyor mengatakan, pembangunan infrastruktur di dalam Kota Pontianak sebagian dilakukan dari dana negara karena status jalan nasional. Ia mencontohkan Jalan A Yani Pontianak yang kini tengah dilebarkan oleh BUMN karya.

Sedangkan terkait jalan Trans Kalimantan poros Selatan dari Pontianak menuju perbatasan Kalbar - Kalteng, dipastikan tuntas tahun ini. "Sekarang sedang dilakukan perbaikan terhadap tanjakan di antara Nanga Tayap - Kudangan. Karena terlalu terjal, jadi dibuat lebih landai," kata Jakius Sinyor.

Ia yakin dengan membaiknya akses jalan tersebut, maka transportasi antara Kalbar dan Kalteng akan semakin lancar.