Jakarta (ANTARA News) - Tujuh hari menjelang Lebaran, bengkel-bengkel dibanjiri calon pemudik yang menyiapkan kendaraan mereka sebelum mudik ke kampung halaman.

Di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, sejumlah bengkel mobil ramai oleh kendaraan yang tengah dicek. Mulai dari ganti ban hingga pemeriksaan mesin mobil.

Bengkel Tunas Toyota Pecenongan II, misalnya, per Juli 2013 saja melayani hampir 1.000-an unit kendaraan yang rata-rata digunakan untuk keperluan mudik Lebaran.

"Itu untuk Juli, yang notabene memang banyak dilakukan untuk persiapan mudik Lebaran. Beberapa bulan sebelumnya mungkin hanya sekitar 800-900 unit kendaraan yang diservis tiap bulannya," kata Tika, salah satu petugas booking yang ditemui ANTARA News di Jakarta, Kamis.

Meski enggan menyebutkan jumlah kendaraan yang diservis per harinya, ia mengaku pelanggan yang berasal dari kalangan perusahaan atau individu biasanya memesan terlebih dahulu (booking) atau langsung datang ke bengkel.

"Biaya servisnya juga bervariasi mulai dari Rp500.000 hingga Rp10 juta, bahkan ada yang sampai Rp60 juta. Tapi kemarin ini juga ramai karena ada paket diskon Lebaran," ujarnya.

Tika juga menjelaskan rata-rata pelanggan yang datang akan melakukan pemeliharaan layaknya servis berkala yang biasa mereka lakukan.

"Tune up, servis rem, ganti oli mesin, ganti oli transmisi, oli filter, pengecekan elektrik dan suspensi kendaraan, seperti servis berkala pada umumnya," katanya.

Selain bengkel itu, bengkel lainnya di sekitar kawasan tersebut juga ramai oleh kendaraan roda empat. Misalnya TS Ban dan Start Tire yang tak henti didatangi pelanggan.

Salah satu petugas, Zainal (60), mengakui adanya kenaikan jumlah kendaraan yang datang untuk diservis.

"Memang agak banyak karena rata-rata buat mudik, pokoknya dari buka jam 08.00-17.00 itu tetap ramai, rata-rata untuk cek kondisi ban," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013