Jambi (ANTARA News) - Jumlah pemudik di Jambi mulai menunjukkan peningkatan, ini terlihat dari pantauan di beberapa titik pemberangkatan seperti terminal dan bandara di daerah itu.

Dari pantauan di Jambi, Jumat, pemudik yang menggunakan jalur darat mulai tampak memadati terminal Alam Barajo, Kota Jambi.

"Hingga sore hari ini, sudah ada enam bus kami berangkatkan dengan tujuan Pulau Jawa," ujar Ikhsan salah seorang petugas loket bus di terminal Alam Barajo.

Menurut dia, para penumpang yang menggunakan kendaraan umum mulai terlihat bertambah hari ini dibanding beberapa hari sebelumnya.

"Sepekan terakhir ini memang mulai banyak, tapi hari ini terus bertambah," katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bandara Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Dorma Manalu mengatakan, pemudik dari Jambi yang menggunakan jalur udara hingga hari ini mencapai 1.900 orang.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang terlihat dua hari terakhir. Ia juga mengatakan, jumlah pemudik melalui Bandara Sultan Thaha Jambi kali ini terlihat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

"Jika dilihat puncak mudik melalui jalur udara akan terjadi dua atau tiga hari ke depan," tambahnya.

Berdasarkan prediksi Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, jumlah pemudik di Jambi diperkirakan akan mencapai 200 ribu orang lebih. Puncak arus mudik di daerah itu diperkirakan akan terjadi pada H-4 atau H-5 lebaran.

(KR-BS/E003)

Pewarta: Bangun Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013