Jakarta (ANTARA News) - Kepopuleran makanan Indonesia di Belanda membuat komunitas Islam di negeri Kincir Angin itu dapat menikmati hidangan buka puasa seperti di tanah air.

"Makanan Indonesia di Belanda sudah cukup populer bagi masyarakat Belanda, bahkan sudah dianggap makanan 'kedua' bagi masyarakat Belanda," tulis Danang Waskito, Sekretaris I Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Den Haag dalam surel kepada ANTARA News.

Di Belanda, kolak dan kurma juga biasa menjadi menu berbuka puasa. Makanan Indonesia yang lainnya juga sudah populer di lidah dan kosakata masyarakat Belanda, seperti Nasi Goreng, Nasi Toempeng, Rijstaffel, Rendang Padang, Sajur Loedeh, Sambal, Kroepoek.

"Bahan makanan Indonesia cukup mudah didapat di Belanda," lanjut Danang.

Menurut data KBRI Den Haag, tercatat 1600 toko/warung/restoran di Belanda yang menjual bahan makanan dan hidangan Indonesia. Salah satunya adalah Hobema Market, pasar tradisional di Den Haag yang ramai selama Ramadhan.

Pasar yang cukup dikenal komunitas Indonesia dan Arab itu menjual berbagai keperluan Ramadhan seperti bahan makanan dan pakaian dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasar modern.

Supermarket besar seperti Albert Heijn juga menyediakan makanan buka puasa, seperti dikemukakan Vidya Koesoemadinata, warga negara Indonesia yang menetap di Den Haag selama 1,5 tahun.

"Cukup terkejut juga ketika mendapati salah satu jaringan supermarket besar di Belanda, Albert Heijn, menyediakan 1 rak kecil untuk menjual makanan buka puasa Turki," katanya. 

Komunitas muslim Indonesia di Belanda tahun ini menunaikan ibadah puasa selama sekitar 19 jam, mulai sekitar pukul 03.30 hingga 22.00. 

Sementara itu, Vidya tidak mengalami kesulitan dalam mengajarkan anaknya berpuasa. Dia menyekolahkan anaknya di sekolah internasional yang terbiasa dengan berbagai budaya dan agama sehingga tidak ada larangan untuk anak belajar puasa.

"Jadi anak-anak bisa tetap berpuasa walaupun sekolah, bisa skip snack time dan lunch time," jelasnya.

Dia menuturkan, tantangan berpuasa di Belanda tahun ini adalah menjalankan buka puasa, shalat tarawih, dan sahur dalam waktu singkat. Waktu berbuka puasa jatuh pada pukul 22.00, sementara Isya pukul 00.00, dan subuh pukul 3 pagi.

"Tarawih sering terkantuk-kantuk karena malam sudah larut, setelah tidur sebentar, sahur pun terasa berat untuk bangun karena masih mengantuk dan perut masih terasa penuh," ujarnya.

Hal itu pun membuatnya merasa sulit untuk mengajak anak-anak melaksanakan tarawih berjamaah di masjid. 


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013