Jakarta (ANTARA News) - Lima hari menjelang Lebaran, gelombang pemudik terus mengalir meninggalkan Jakarta. Meski demikian, pusat perbelanjaan di Ibu Kota masih ramai diserbu warga.

Salah satunya di pusat perbelanjaan Mall Ciputra yang berlokasi di Grogol, Petamburan, Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan ANTARA News, mayoritas pengunjung mall adalah ibu rumah tangga yang berbelanja bersama keluarga untuk membeli keperluan Lebaran.

Salah satu pengunjung, Lana (34) sengaja datang ke mall untuk berburu diskon yang ditawarkan selama Ramadhan.

"Kalau di mall bisa dapat diskon, dan baju-bajunya bermerk, tidak seperti di pasar yang harganya sudah dipatok segitu," kata Lana di Jakarta, Minggu.

Lana mengaku dirinya tidak pandai menawar jadi dia lebih senang memanfaatkan diskon di mall dari pada harus bernegoisasi di pasar.

Sebaliknya, Siti Aminah (54) warga Kebayoran Lama malah mengaku tidak begitu suka berbelanja di mall dan memilih pasar karena bisa ditawar.

"Saya biasa belanja di pasar cipulir, ini juga beli baju karena diskon 50 persen dan dibeliin anak, kalau beli sendiri saya malas harus ke mall karena mau shalat susah, ini juga saya sudah lewat ashar," kata Aminah.

Sementara itu Didi (44) dan anaknya Aldi (17) mengatakan memilih berbelanja di mall karena nyaman.

"Kalau belanja di mall enak, dingin ada AC-nya jadi meski keliling-keliling nemenin istri yang suka lama kalau memilih barang, saya tidak capek," kata Didi.

Aldi menambahkan, tradisi membeli baju lebaran baru memang sudah ada di keluarganya, meski demikian siswa kelas satu SMA tersebut mengaku tidak terlalu memaksa meminta baju baru.

"Seadanya saja, kalau Papa lagi ada rejeki ya saya bisa beli baju, kalau tidak ya tidak apa-apa," katanya.

Sementara itu di pusat belanja ITC Kuningan, pengunjung mulai tampak ramai sekitar pukul 13.00 WIB. Toko pakaian anak-anak dan perempuan tampak penuh sesak pembeli. Tampak di dalam toko tergantung daftar harga pakaian yang mayoritas berkisar antara Rp35.000 hingga Rp100.000 per ptong.

Meski penuh dan cenderung sesak, namun kondisi pusat perbelanjaan masih kondusif dan pembeli tampak tertib.

Pewarta: Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013