Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 18 ribu penumpang telah diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada hari kedua menjelang Idul Fitri, Selasa.

"Pada hari ini jumlah penumpangnya sekitar 18 ribuan, agak lebih turun sedikit dibandingkan H-3 kemarin yang jumlahnya 19 ribu penumpang," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Pasar Senen Sukendar di Jakarta, Selasa.

Hingga pukul 07.48 WIB, sudah 4.387 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Senen dengan tujuan berbagai wilayah di Jawa yakni Kutoarjo, Yogyakarta, Semarang, dan Tegal.

Pemberangkatan paling awal yakni Kereta Api Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo pada pukul 05.30 WIB, sedangkan untuk pemberangkatan paling akhir yakni Kereta Api jurusan Madiun pada pukul 23.00 WIB.

Sukendar mengatakan, PT KAI tetap menyediakan armada kereta seperti hari-hari sebelumnya yakni 20 kereta api reguler dan sembilan kereta api tambahan.

Untuk perihal keamanan, pihak KAI juga masih dibantu oleh 300 personel keamanan dari Polsek Senen, Polres Jakarta Pusat, dan Polda Metro Jaya.

Sebanyak 300 personel tersebut disebar ke seluruh area baik di dalam maupun di luar stasiun, serta di dalam gerbong kereta api.

"Penjagaan masih dilakukan seperti biasa dan Alhamdulillah kondisi masih relatif aman," ujar Sukendar.

Pihak kepolisian juga mendirikan posko keamanan di area parkir depan stasiun serta di pintu masuk stasiun untuk mengantisipasi tindak kejahatan di sekitar area stasiun.


Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013