Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalan arteri Karawang melewati simpang Jomin hingga jalur Pantura pada H-2 Lebaran, Selasa, tampak lancar.

"Kondisi arus lalu lintas seperti ini sudah normal," kata seorang petugas di pertigaan Dawuan di Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Kepadatan kendaraan yang terjadi selama beberapa hari terakhir kini sudah mulai berkurang. Pemudik bisa memacu kendaraannya hingga kecepatan tinggi dari jalan arteri menuju jalur Pantura.

Jalan arteri Karawang merupakan jalur yang dilintasi pemudik dari arah Jakarta menuju jalur Pantura yang keluar dari gerbang Tol Dawuan dan gerbang Tol Karawang Timur.

Arus lalu lintas di sepanjang jalan arteri Karawang itu hanya tersendat akibat adanya terminal bayangan pada titik menjelang jembatan layang pasar Cikampek.

Tetapi selepas terminal bayangan itu, arus lalu lintas kembali lancar. Kemudian arus menuju jalur Pantura itu kembali tersendat setelah memasuki jembatan layang simpang Jomin.

Sebab di titik itu terjadi penyempitan jalan dan pertemuan arus dengan kendaraan dari arah gerbang Tol Cikampek yang melintasi pertigaan Mutiara-simpang Jomin.

Sementara itu, arus lalu lintas dari pertigaan Cikopo hingga ke simpang Jomin melintasi pertigaan Mutiara lancar pada H-2 Lebaran 2013. Begitu juga dengan lalu lintas dari simpang Jomin ke jalur Pantura, kondisinya cukup lancar.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013