... 1 Syawal 1434 Hijriah hampir pasti tidak ada perbedaan... "
Bengkulu (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementerian Agama wilayah Provinsi Bengkulu, Suardi Abbas, mengatakan, penetapan 1 Syawal 1434 Hijriah pada tahun ini akan serentak yakni jatuh pada 8 Agustus 2013.

"Penetapan 1 Syawal 1434 Hijriah hampir pasti tidak ada perbedaan, meski begitu sore ini masih dilakukan rukyat hilal," katanya, di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan rukyat hilal akan menentukan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal, meski sudah diprediksi akan jatuh pada 8 Agustus 2013.

Masyarakat, kata dia, agar tetap menunggu keputusan resmi pemerintah tentang penetapan 1 Syawal dimana akan diumumkan Menteri Agama, Suryadarma Alie, usai sidang Isbat di Jakarta.

"Sebaiknya tetap menunggu keputusan resmi pemerintah, meski Lebaran tahun ini diprediksi tidak ada perbedaan antara pemerintah dan Muhammadiyah," kata dia.

Ia mengatakan, jika ada perubahan, pemerintah Bengkulu akan tetap mengikuti apapun keputusan yang disampaikan pemerintah pusat.

Pengamatan hilal di Kota Bengkulu akan dilaksanakan di halaman salah satu hotel di pinggir Pantai Panjang.

Suardi mengatakan, pemantauan hilal akan menggunakan alat dari BMKG Bengkulu, serta melibatkan dari berbagai unsur antara lain organisasi masyarakat Muhammadiyah, NU, MUI, tokoh agama dan BMKG.

"Pengamatan hilal sama seperti saat penentuan awal puasa, menggunakan teropong bintang milik BMKG," ujarnya. Metode yang dilakukan guna menentukan Lebaran lanjut Suardi, yakni memastikan kemunculan bulan.

Jika kemunculan bulan sudah berada pada posisi dua derajat, maka dipastikan keesokan harinya merupakan bulan Syawal.

Pewarta: Helti Sipayung
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013