... pasukan akan menyebar sesuai penempatan... "
Jakarta (ANTARA News) - Paling tidak 4.000 polisi di wilayah kerja Kepolisian Daerah Metro Jaya dikerahkan menjaga kelancaran dan keamanan malam takbiran Lebaran 1434 Hijriah, di Jakarta, malam ini. 

"Secara tradisi", Bundaran Hotel Indonesia, Ancol di Jakarta Utara, silang Monas, kawasan Kwitang, hingga Harmoni-Kota, dan sekitarnya menjadi kawasan-kawasan yang disukai para peserta pawai berkendara. 

"Setelah buka puasa, pasukan akan menyebar sesuai penempatan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, usai gelar pasukan di Markas Polda Metro Jaya, Rabu.

Penyebaran kekuatan serta personel polisi ini dilakukan di tengah peristiwa penembakan hingga tewas terhadap dua polisi di Jakarta, beberapa hari belakangan ini. Pelaku dan kelompok serta motifnya belum diketahui. 

Rikwanto mengatakan, anggota polisi yang hadir pada kegiatan apel pasukan pengamanan malam takbiran berjumlah 2.194 personel dari berbagai kesatuan di Jakarta itu.

Walau ribuan polisi disiapkan, namun Rikwanto mengimbau masyarakat merayakan malam takbiran di sekitar rumah, guna menghindari kecelakaan lalu-lintas dan potensi tawuran antarwarga.

Pihak kepolisian juga meminta pengendara yang merayakan malam takbiran menjaga ketertiban lalulintas dengan mengenakan helm dan tidak menggunakan mobil bak terbuka.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013