... masyarakat makin mencintai benda... "
Pangkalpinang, Bangka Belitung (ANTARA News) - Khatib Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah di Lapangan Merdeka Kota Pangkalpinang, Zulkarnain Karim, menyatakan, materialisme mengarah pada konsumtivisme ancaman terbesar bagi kehidupan umat Islam.

Barang-barang untuk keperluan hidup semakin banyak, makin beragam, gemerlap, menggoda untuk konsumtif yang harus dipenuhi.

"Akibatnya masyarakat makin mencintai benda, tergantung kepada benda, makin mengejar, menumpuk materi sehingga menjadikan masyarakat bertambah bakhil, susah berinfaq, bershadaqah," katanya, di hadapan ribuan jamaah Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah di Pangkalpinang, Kamis.

Di Lapangan Merdeka Kota Pangkalpinang, sekitar 10 ribu jamaah memadati lapangan untuk menunaikan Shalat Id.

Terlihat puluhan aparat berjaga-jaga di sekitar Lapangan Merdeka untuk mengantisipasi ngangguan keamaan, ketertiban dan kekhusukan jamaah melaksanakan Shalat ID.

Karim yang juga Wali Kota Pangkalpinang, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan, banyak masyarakat bersedia mengorbankan apa saja.

Kita, kata dia, sering mendengar, semakin banyak orang pandai, semakin sulit dicari orang jujur. 

"Seorang ahli hukum cepat mengetahui pasal mana yang dapat dipakai untuk memenangkan prekara, tetapi buta dengan isyarat-isyarat keadilan, mereka menulikan telinganya dari rintihan, malu dan penderitaan orang-orang yang terzholimi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013