... tanya sama penjaganya, katanya sore. Ini pertama kali buat saya, Mas.... "
Jakarta (ANTARA News) - Setahun sekali, pintu Istana Negara dibuka untuk warga yang ingin berlebaran bersama presidennya; kali ini bersama Presiden Susilo Yudhoyono dan Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono, Kamis petang. 

Waktu itu memang disediakan Kerumahtanggaan dan Protokol Istana untuk warga yang ingin bertemu langsung dengan presidennya pada hari pertama Idul Fitri 1343 Hijriah. 

Tadi pagi, Yudhoyono menggelar simakrama (open house) dengan pejabat pemerintahan, tokoh-tokoh politik, bisnis, duta-duta besar negara sahabat dan perwakilan institusi internasional di Jakarta, dan pemimpin lembaga-lembaga tinggi negara. 

Ribuan ramai berdatangan sejak pukul 12.00 WIB padahal acara simakrama itu baru dimulai pukul 15.30 WIB hingga menjelang maghrib. 

Warga masuk ke kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, secara tertib dan teratur, kemudian menuju satu tenda di halaman dalam Istana Negara. Di sana warga duduk di kursi yang telah ditata sedemikian rupa, untuk menunggu giliran masuk ke dalam Istana Negara dan bersalaman dengan pemimpin mereka.

Di depan tenda, warga diberi air mineral dalam kemasan dan kue penganan, sebagai pelepas dahaga saat mengantri menunggu giliran masuk.

Irfi, warga asal kebayoran mengaku ini merupakan pengalaman pertamanya ber-simakrama di Istana Negara. Ia mengaku, dirinya telah datang pagi hari, untuk memastikan simakrama ini benar dilaksanakn di Istana Negara. 

"Tadi saya datang pagi, tanya sama penjaganya, katanya sore. Ini pertama kali buat saya, Mas," katanya.

Irfi kali ini bersama suaminya, dua ponakannya dan anaknya yang masih berumur satu bulan, Fazha. Irfi mengaku ingin bertemu dan bersalaman langsung dengan Yudhoyono.

Anggota DPR, Tantowi Yahya, bersama istrinya, turut pula dalam kerumunan warga yang akan bersalaman.

Untuk menyemarakkan suasana silaturahmi, kali ini juga diwarnai dengan olah suara penyanyi dangdut Nazar. Zapin menjadi lagu pembuka acara tersebut.

Pewarta: Muhammad Iskandar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013