... mercu suar Tanjung Kalian berketinggian lebih dari 60 meter itu dibangun pada masa penjajahan Belanda, pada 1862... "
Muntok, Bangka Belitung (ANTARA News) - Bosan dengan lokasi wisata yang itu-itu saja; mengapa tidak mencoba lokasi baru, yaitu mercu suar sebagaimana dilakukan ratusan turis setempat di Kota Muntok, Bangka Belitung, saat libur Lebaran kali ini. 

Mercu suar Tanjung Kalian, salah satu objek wisata andalan kota itu menjadi pilihan yang menarik dan memberi sensasi tersendiri. Bukankah Indonesia itu negara kepulauan? Jadi mengapa tidak berwisata ke pantai dan laut saja?

"Dari seribuan orang yang mengunjungi Pantai Tanjung Kalian hari ini, kami perkirakan lebih dari 300 orang naik ke puncak menara mercu suar," ujar penjaga mercu suar Tanjung Kalian Slamet di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, hari kedua Idul Fitri kali ini banyak dimanfaatkan warga untuk berwisata. Terbukti dari banyaknya wisatawan yang datang ke lokasi yang bersebelahan langsung dengan Pelabuhan Tanjung Kalian itu.

"Dari ribuan wisatawan yang datang tidak semuanya naik karena tingginya menara dan kalau fisik tidak bagus dapat dipastikan tidak akan sampai ke puncak," kata dia.

Ia mengatakan, mercu suar Tanjung Kalian berketinggian lebih dari 60 meter itu dibangun pada masa penjajahan Belanda, pada 1862, dan memang setiap tahun menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke kota yang berada di ujung barat Pulau Bangka itu.

Bahkan, kata dia, wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam daerah namun banyak juga rombongan dari luar daerah di Pulau Bangka seperti dari Pangkalpinang, Koba, Toboali, Sungailiat dan daerah lainnya.

"Kemarin rombongan dari Jakarta dan Palembang juga ada yang datang dengan tiga bus kecil atau sekitar 90 orang. Mereka sangat terkesan dengan bangunan tua itu," kata dia.

Dari puncak menara yang dihubungkan dengan 18 tingkatan anak tangga yang terbuat dari kayu itu pengunjung dapat menikmati sensasi keindahan Pantai Tanjung Kalian dari ketinggian.

"Sebenarnya ada satu trap tangga lagi yang terbuat dari besi, namun kami tidak izinkan pengunjung ke sana karena ada lampu mercusuar yang masih aktif untuk membantu pelayaran di Selat Bangka," ujar Slamet.

Ia memprediksikan pada Minggu (11/8) jumlah pengunjung yang naik ke puncak menara akan mencapai lebih dari seribu orang.

"Kami yakin target 1.500 orang tercapai selama musim libur Idul Fitri kali ini," kata dia.

Pewarta: Donatus Putranta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013