Pada saat jumlah penumpang membludak, seperti beberapa hari lalu, kami operasikan semuanya..."
Muntok (ANTARA News) - PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kepulauan Bangka Belitung, mengoperasikan empat kapal untuk melayani penyeberangan dari Muntok menuju Palembang, Sumatera Selatan, seiring sepinya jumlah penumpang yang akan menyeberang.

"Hari ini kami mengoperasikan empat kapal terdiri atas dua kapal cepat yang hanya mengangkut sekitar 200 penumpang dan dua kapal feri berisi sekitar 150 orang penumpang menuju Palembang," ujar Supervisi PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Agus Priyono, di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, penurunan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Senin, bahkan dalam dua hari terakhir armada angkutan barang sudah bisa dilayani dan saat ini sudah tidak ada antrean truk yang akan menyeberang ke Palembang.

Menurut dia, jumlah kapal feri yang disiapkan PT ASDP untuk melayani jalur penyeberangan tersebut sebanyak tujuh armada, namun minimnya jumlah penumpang membuat diputuskan hanya dioperasikan dua unit.

"Pada saat jumlah penumpang membludak, seperti beberapa hari lalu, kami operasikan semuanya, bahkan kapal cepat juga bisa sampai tujuh kali trip pelayaran," katanya.

Ia memperkirakan, mulai Sabtu (10/8) arus balik akan mulai meningkat karena pada Senin (12/8) sebagian besar instansi sudah mulai aktif.

Ia mengatakan, pada hari itu jumlah penumpang yang berangkat ke Palembang menggunakan dua kapal cepat sebanyak 335 orang, sedangkan yang menggunakan dua unit kapal feri 213 orang.

"Untuk kendaraan roda dua 47 unit dan kendaraan roda empat 45 unit," katanya.

Untuk penumpang yang turun, menurut dia, dari dua kapal cepat sebanyak 334 orang, dan penumpang menggunakan tiga kapal feri sebanyak 129 orang, sedangkan untuk kendaraan roda dua tujuh unit dan kendaraan roda empat 20 armada.

"Sebagian besar kendaraan roda empat yang kami layani merupakan armada angkutan berbagai barang kebutuhan yang biasa memasok dari Pulau Sumatera. Bukan kendaraan pemudik," katanya.

ASDP akan terus memantau perkembangan jumlah penumpang dan tetap menyiapkan tujuh kapal feri serta selalu berkoordinasi dengan perusahaan kapal cepat untuk melayani penumpang arus balik dari Palembang ke Muntok, katanya menambahkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013