Bandarlampung (ANTARANews) - Arus balik pemudik mulai ramai melintasi Jalan Lintas Sumatera ruas Rajabasa-Panjang Bandarlampung pada Sabtu pagi atau H+1 Lebaran 2013.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalinsum Bandarlampung itu, arus balik pemudik didominasi kendaraan penumpang dan motor tujuan Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak Banten adalah pelabuhan penyeberangan utama yang meghubungkan Sumatera dan Jawa.

Arus balik pemudik motor tetap sarat muatan dan penumpang sebagaimana halnya saat arus mudik berlangsung. Mereka juga berkendara berkelompok agar lebih aman saat perjalanan.

Arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan bus juga mulai ramai melintasi Jalinsum, dan diperkirakan makin ramai menjelang sore hingga Minggu, karena Senin (12/8) sudah merupakan hari kerja bagi PNS dan pegawai swasta.

Menurut Posko Lebaran ASPD Cabang Bakauheni,jumlah pemudik yang asal Pulau Jawa yang berada di Sumatera tercatat 564.593 orang yang terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 114.624 orang dan penumpang kendaraan sebanyak 449.969 Orang.

Jumlah kendaraan motor pemudik yang diseberangkan ke Bakauheni selama arus mudik tercatat 57.593 Unit dan kendaraan roda empat sebanyak 60.289 Unit.

Arus balik pemudkik diperkirakan akan meningkat tajam mulai Sabtu hingga Minggu (11/8), karena para karyawan dan PNS sudah bekerja mulai Senin.

Pewarta: Hisar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013