Palembang (ANTARA News) - Puncak arus balik pemudik yang menggunakan angkutan bus dari Palembang, Sumatera Selatan menuju Pulau Jawa diprediksi terjadi besok, Selasa (13/8).

Junaidi, seorang kepala cabang sebuah perusahaan otobus pada Senin mengatakan, sejak Minggu (11/8) pengguna jasa bus meningkat signifikan sehingga mereka mengoperasikan empat unit bus AKAP menuju Jakarta begitu juga dengan hari ini, enam armada bus dioperasikan.

Sedangkan besok disiapkan 13 unit bus AKAP tujuan berbagai kota di Pulau Jawa dengan mayoritas ke Jakarta, katanya.

Meskipun kini tidak seramai beberapa tahun lalu, tetapi menurut dia pengguna jasa transportasi itu masih cenderung ramai ketika menghadapi harus mudik dan balik lebaran.

Bukan hanya, penumpang tujuan Jakarta tetapi sejumlah kota lainnya di Jawa, seperti Yogyakarta dan Surabaya juga menggunakan bus.

Ia mengatakan, tarif bus AKAP tersebut sangat tergantung dengan jarak tempuh atau kota tujuan tetapi mereka tidak lagi melayani kelas ekonomi.

Tarif atas dan bawah sesuai ditentukan pemerintah sehingga penumpang bisa menentukan pilihan sesuai dengan fasilitas yang mereka inginkan.

Hal senada juga diungkapkan, Ali dari PO lainnya mengakui kalau memang terjadi peningkatan penumpang sejak hari Minggu.

Arus balik diperkirakan berlangsung menjelang akhir pekan ini tetapi dibandingkan tahun lalu terjadi penurunan hingga 20 persen.

Dia menambahkan, pihaknya berharap meskipun kini banyak masyarakat berpindah moda transportasi udara tetapi bus tetap menjadi pilihan.

Apalagi, kini pun mereka terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang agar lebih optimal melayani pengguna jasa.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013