Karawang (ANTARA News) - Para pemudik balik bersepeda motor yang melintas Cirebon menuju Jakarta memadati sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum di sepanjang jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin.

Banyaknya kendaraan yang memasuki stasiun bahan bakar umum (SPBU) tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar SPBU tersendat.

Setiap melintasi jalan raya sekitar SPBU, pengendara di jalur itu mengurangi kecepatan kendaraannya karena suasana cukup ramai. Selain untuk mengisi bahan bakar minyak untuk kendaraannya, pemudik-balik juga masuk ke areal SPBU untuk beristirahat.

Aparat kepolisian dari Polres Karawang masih terlihat berjaga di sejumlah SPBU sepanjang jalur Pantura untuk mengatasi tersendatnya arus lalu lintas.

Hingga empat hari setelah Lebaran atau H+4 pada Senin siang hingga malam, arus balik di jalur Pantura masih ramai oleh kendaraan pemudik menuju Jakarta dan sekitarnya.

"Para pemudik yang akan balik ke Jakarta masih ramai di jalur Pantura. Kendaraan didominasi sepeda motor dan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk bus cenderung sedikit yang melintas," kata seorang petugas di Jatisari, Karawang.

Dia mengatakan, meski kendaraan yang melintasi jalur Pantura menuju arah Jakarta cukup banyak, tetapi lalu lintas lancar dan tidak terjadi kepadatan berarti.

Arus lalu lintas yang ramai berlangsung sejak di jalur Pantura hingga menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta. Begitu juga di sepanjang jalan arteri Karawang masih diramaikan pemudik-balik yang menggunakan sepeda motor.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013